Sukses

Entertainment

Mudahkan Syuting, Rafathar Banyak Menggunakan Mocap

Fimela.com, Jakarta Bukan perkara mudah bagi sineas untuk syuting dengan bintang film balita. Begitu juga dengan film Rafathar yang dibintangi Rafathar yang masih balita. Sutradara film Rafathar, Bounty Umbara mengatakan skenario serta porsi beberapa teknologi yang digunakan di film Rafathar Movie banyak menggunakan CGI kepada karakter Rafathar.

"Presentasinya porsi CGI, CGI tuh bukan berarti 3D semua ya, visual efek dari awal sampe akhir tuh ada semua. Di sini kalau saya pribadi CGI mengikuti cerita karna menyangkut Rafathar. Kalau ngikutin Rafathar tanpa bantuan CGI bisa berapa lama bikinnya? haha," tandasnya.

Film Rafathar turut dibintangi Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Arie Untung, Babe Chabita, Ence Bagus dan banyak lainnya. Penggunaan metode Motion Capture Technology atau Mocap. Rafathar menjadi film Indonesia pertama yang menggunakan mocap.

Motion capture, motion tracking, atau mocap adalah terminologi yang digunakan untuk mendeskripsikan proses dari perekaman gerakan dan pengartian gerakan tersebut menjadi model digital. Ini digunakan di militer, hiburan, olahraga, aplikasi medis, dan untuk calidasi cisi computer.

[Bintang] Rafathar

Di dalam pembuatan film, mocap berarti merekam aksi dari actor manusia dan menggunakan informasi tersebut untuk menganimasi karakter digital ke model animasi computer dua dimensi atau tiga dimensi. Ketika itu termasuk wajah dan jari-jari atau penangkapan ekspresi yang halus, kegiatan ini biasa dikatakan sebagai performance capture.

"Kita pakai green screen itu standby. Jadi di mana ada Rafathar kita gunakan itu. Rafathar sendiri secara fisik dan mental harus bagus, kalau enggak bagus gambarnya, enggak bisa bagus juga kasian Rafatharnya juga," jelas Bounty.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading