Sukses

Entertainment

Air Putih, Penjaga Ginjal dan Liver Yana Zein

Fimela.com, Jakarta Ramadan tahun ini Yana Zein tak bisa mengisinya dengan ibadah puasa. Seperti diketahui, ia masih berjuang untuk kesembuhan dari penyakit kanker payudara stadium 4 yang dideritanya. Meski sudah 80 persen sembuh, namun Yana masih harus minum obat khusus.

"Bulan ini, kalau puasa saya belum bisa karena harus minum obat. Obat saya tuh banyak sekali, kira-kira harus minum 4-5 kali sehari," kata Yana Zein di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, Minggu (28/5/2017).

Yana memang tak bisa berbuat apa-apa. Kondisinya yang sekarang ini juga dianggapnya sebagai mukjizat. Empat bulan menjalani perawatan di Modern Cancer Hospital Guangzhou, China, Yana mengalami kemajuan yang sangat banyak.

Ia pun berencana mengganti hutang puasa setelah sembuh total. Yana sendiri masih harus menjalani beberapa perawatan lanjutan. "Mungkin nanti kalau saya sudah sehat, tahun depan akan saya ganti," ujarnya.

Menurutnya, dalam beberapa bulan ke depan, ia harus kembali ke China untuk melakukan check up dan pengobatan lanjutan. Selama pulang dan berada di Indonesia, ia pun harus tetap menjalani fisioterapi.

"Kalau sekarang masih 75-80 persen, saya dikasih obat-obatan termasuk obat kemo, obat untuk memperbaiki liver dan termasuk untuk memperbaiki ginjal dan sebagainya. Jadi nggak boleh diisi sama obat-obatan yang berat. Sekarang diisi dulu sama obat-obatan yang ringan," ucapnya.

Oleh dokter, Yana dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Pasalnya, dengan pengobatan yang dilakukan, kerja liver dan ginjal pun semakin keras. Ini otomatis meringankan kerja kedua organ penting tersebut.

"Karena kan kalau kita banyak mengonsumsi obat kan fungsi liver dan ginjal agak terganggu, jadi kita mesti banyak minum air putih, istirahat dari obat-obatan yang berat-berat sana yang dari kemo, ablasi, kira-kira satu bulan. Bulan 6 dan bulan 7 (ke Guangzhou)," terang Yana Zein.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading