Sukses

Entertainment

Rasakan Nasib Petani, Elma Theana Sedih dan Miris

Fimela.com, Jakarta Selain seorang selebritis, ternyata Elma Theana juga menekuni bidang pertanian dan perkebunan. Ia mengaku pernah menanam pepaya dan juga singkong dalam beberapa tahun belakangan sebagai petani di Sukabumi, Jawa Barat.

"Saya usaha tani itu udah 3-4 tahun. Ya saya pernah ngalamin sebagai petani ya. Kemarin ada (nanam) pepaya dan singkong," kata Elma Theana di acara etanee-Solusi Pangan Untuk Indonesia, Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan, Kamis (22/6).

Kisah sedih, pilu, dan haru pun kerap dirasakannya setelah banyak kendala yang harus ditemuinya selama proses penanaman, sampai panen. Terlebih ketika dalam proses penjualan, para petani umumnya mengalami kesulitan.

"Waktu itu saya mengalami masa kesulitan dalam penjualan. Petani kan biasanya tahunya hanya menanam. Tapi untuk menjual banyak yang dipikirin. Kendaraan segala macam. Akhirnya banyak kesulitan dalam penjualan," ujarnya.

Semakin menyesak dada ketika para pembeli dalam jumlah besar justru menekan harga sampai sedemikian rupa. Sebagai petani, Elma pun sangat terpukul karena hasil jerih payahnya tak dihargai dengan baik.

Tunangan Fairuz A Rafiq - Sonny Septian (Deki Prayoga/bintang.com)

"Menanam ini butuh kesabaran dan investasi yang besar. Eh begitu punya hasil panen, dihargainnya murah sekali. Waktu itu (pepaya) 1000 perak per kilo. Ya kita mau nangis lah. Ya ampun, ternyata begini ya nasib seorang petani. Sangat memprihatinkan," imbuhnya.

Karenanya, dengan perkembangan teknologi pasar online seperti sekarang yang bisa membeli langsung dari petani, Elma Theana begitu menyambut senang. "Saya mengajak agar petani dihargai. Saya gabung di etanee ini sebagai solusi bagus bagaimana petani bisa sejahtera," tandas Elma.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading