Sukses

Entertainment

Bercermin dari Julia Perez, Ria Irawan Lakukan 3 Pola Ini (4)

Fimela.com, Jakarta Sebelum divonis mengidap penyakit kanker, Julia Perez adalah seorang entertainer yang tak kenal lelah. Ia nyaris bekerja siang dan malam. Hal serupa juga dilakoni oleh Ria Irawan sebagai seorang pekerja seni. Sampai semuanya berubah saat Ria Irawan divonis kanker oleh dokter.

Momentum itu justru menjadi langkah awal dari semuanya. Ria benar-benar mengubah gaya hidupnya yang tak teratur menjadi teratur. "Kalau ingat masa lalu saya, menyeramkan sekali. Sekarang semuanya berubah. Tidak ada kata lain selain harus berubah. Kalau tidak saya yang melakukan tidak bisa. Orang luar hanya memberikan motivasi, aktor utama perubahan itu ya saya sendiri. Alhamdulillah sekarang saya dinyatakan sembuh dari penyakit kanker," ujar Ria Irawan saat berbincang-bincang dengan Bintang.com menjelang peringatan 40 Hari Julia Perez belum lama berselang.

Ria dan Jupe beberapa kali terlibat bersama dalam beberapa pekerjaan. Bahkan saat keduanya sama-sama mengidap penyakit kanker pun kerap menerima pekerjaan bersama. Namun kenyataan berkata lain, Jupe harus menghadap keharibaan Yang Maha Kuasa karena virus kanker yang bersarang di raganya  begitu agresif. Virus yang semula menyerang organ reproduksi, akhirnya menyebar ke seluruh tubuh. Inilah yang membuat ia tak kuasa, lalu tumbang dan akhirnya menghembuskan nafas yang terakhir.

Berbeda dengan Jupe, putri aktris kawakan Ade Irawan dan almarhum Bambang Irawan ini malah  bisa sembuh dari penyakit kanker. Meski sudah dinyatakan sembuh bukan berarti ia lantas bisa seenaknya saja. "Walaupun dinyatakan sembuh saya tetap harus menjaga dan merawat tubuh saya. Kalau saya terlena bukan tidak mungkin menyakit akan menyerang lagi," ungkapnya.

Ria menyerahkan sejumlah buku tentang kanker yang akan dibagikan bagi penggemar Julia Perez. (Nurwahyunan/bintang.com)

Lalu apa saja yang dilakukan Ria Irawan dalam menjaga kesehatannya.  Berikut beberapa pola yang ia lakukan untuk menjaga kesehatan raganya. Dia menunjukkan secari kertas kecil yang berisi pola hidup sehat yang ia jalankan untuk melakukan tindakan pencegahan agar penyakit kanker tak lagi penyerang dirinya.

Pola Pikir

Tubuh manusia terdiri dari pisik dan psikis, kedua-duanya harus seimbang satu sama lain. "Pola pikir harus benar, saya harus berpikir positif. Hilangkan jauh-juah pikiran negatif yang  bisa menguras energi kita," ujar Ria.

Tekanan pekerjaan di kantor atau di tempat kerja terkadang membuat orang depresi dan  stress. "Kita harus punya manajemen stress untuk diri kita sendiri. Bagaimana caranya, meski berbagai pekerjaan menumpuk kita bisa enjoy dan tidak menjadi stress. Stress berat bisa membuat fisik menjadi lemah. Kalau fisik lemah penyakit akan gampang sekali menyerang," papar Ria.

Ria Irawan menyerahkan buku yasin kepada keluarga  Julia Perez. (Nurwahyunan/bintang.com)

Sekarang Ria meski tetap bekerja, ia tak mau lagi bekerja yang menguras energi. "Saya kerja tetap namun yang enjoy dan membuat hati senang. Kalau terlalu banyak tekanan pekerjaan. Atau terlalu sering dikejar deadline, ya repot dong," lanjutnya.

Di tengah-tengah kesibukan Ria masih menyisihkan waktu untuk melakukan aksi sosial. Salah satunya membantu orang-orang yang kesusahan. Menjelang peringatan 40 Hari Julia Perez, Ria dan suaminya Maiky Wongkar bersama Bintang.com, Liputan6.com dan Vidio.com ikut membuat buku yasin yang dipersembahkan bagi keluarga Jupe.

Pola Aktivitas

Aktifitas yang dilakukan harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. "Kita adalah orang yang paling mengetahui kondisi tubuh kita. Kalau hari ini misalnya saya melakukan aktifitas A, B, C dan seterusnya selama sekian jam, artinya saya harus beristirahat yang cukup. Ya minimal berimbang dengan energi yang saya keluarkan,"' katanya.

Perempuan kelahiran Jakarta 46 tahun ini telah bermain dalam puluhan judul film dan sinetron. Tahun 1985, ia menjadi Aktris Pembantu dalam Festival Film Indonesia 1985. (Fotografer: Febio Hernanto, Digital Imaging: Iqbal Nurfajri/Bintang.com)Selain itu harus melakukan olahraga yang cukup. "Olahraga yang kita lakukan harus disesuaikan dengan kondisi dan keadaan. Kalau saya olahraganya yoga. Mungkin anda berbeda dengan saya, silahkan saja. Yang penting melakukan olahraga itu harus rutin dan teratur," papar Ria.

Pola Makan

Pola makan termasuk yang paling krusial. Karena makanan bisa seperti pisau bermata dua. Satu sisi dia bisa menjadi sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dan di sisi lain makanan bisa menjadi racun atau sumber penyakit bagi tubuh.

Setelah melakukan terapi kanker Ria mematuhi saran dokternya dalam urusan makanan. Hanya makanan yang bermanfaat bagi tubuhnya yang ia konsumsi. "Sekarang saya banyak makan sayuran dan buah-buahan. Bisa diolah dulu atau dibikin jus atau smoothies buah," katanya.

Ria Irawan  dan suaminya Mayky Wongkar. (Fotografer: Bambang E. Ros, DI: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Selain sayuran, Ria Irawan juga mengonsumsi makanan laut terutama dari ikan dari perairan laut dalam. "Ikan-ikan laut dalam itu bermanfaat banget untuk tubuh," lanjutnya sembari menambahkan dirinya sudah menghindari penyedap rasa, pewarna dan pengawet makanan serta alkohol. "Lebih baik mengonsumsi makanan yang segar dari pada yang sudah diawetkan," ujar sahabat Julia Perez ini.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading