Sukses

Entertainment

Tak Lagi Cuci Darah, Ini yang Harus Dijalani Abdee Slank

Fimela.com, Jakarta Sebuah operasi transplantasi ginjal telah sukses dilakoni oleh Abdee Negara. Karenanya, gitaris Slank itu sudah tak perlu lagi menjalani perawatan cuci darah karena penyakit gagal ginjal yang diderita olehnya.

Bimbim mengatakan operasi cangkok ginjal tersebut telah dilakukan pada November 2017. "Udah operasi November tahun lalu. Sekarang posisinya udah ginjal baru," kata Bimbim di markas Slank, kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (5/9/2017).

Meski sudah tak lagi cuci darah, Abdee masih terus menjalani perawatan intensif. Karena berasal dari luar, ginjal baru yang dimiliki Abdee itu harus beradaptasi dengan jaringan yang ada. Makanya, saat ini Abdee dibilang masih dalam masa recovery.

"Udah nggak (cuci darah). Tapi tetap harus recovery dirinya bahwa itu ginjal baru. Tubuh belum kenal dan ginjal baru itu dianggap musuh," ujar Bimbim.

Abdee Negara (Galih W. Satria/Bintang.com)

Dibutuhkan masa recovery antara satu sampai tiga tahun agar ginjal baru itu menyatu dengan diri Abdee Negara. Kondisi Abdee pun masih sangat rapuh dibandingkan orang sehat pada umumnya. Ia masih rentan dengan serangan penyakit.

"Nggak ada keluhan sakit sih. Cuma fragile. Harus jauh dari virus dan bakteri. Karena kalau kena virus gampang. Proses recovery bisa 1-3 tahun. Untuk bisa adaptasi ginjal baru dengan sistem tubuh. Jadi harus menjauh dari penyakit," tukas Bimbim terkait kondisi Abdee Negara.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading