Sukses

Entertainment

Syuting Adegan Berbahaya, 6 Aktor Top Ini Tolak Pakai Stuntman

Fimela.com, Jakarta Peran stuntman atau pemeran pengganti termasuk penting, terutama di film-film laga. Melakoni adegan berbahaya memang beresiko tinggi dan tak semua artis bersedia melakukannya sendiri.

Seperti sering kita saksikan di berbagai tayangan televisi, kalau ada adegan berbahaya biasanya dituliskan: ‘Semua adegan berbahaya dilakukan oleh para profesional atau yang sudah terlatih, jangan pernah mencoba atau meniru”.

Para pemeran pengganti memang orang-orang profesional di bidangnya dan mereka sudah terlatih untuk melakukan adegan berbahaya. Namun maut memang bisa menjemput kapan saja. Yanng terbaru, seorang stuntgirl di film Deadpool 2 tewas saat melakoni adegan berbahaya di film tersebut beberapa bulan lalu.

Buntutnya, syuting film pun ditunda dan Ryan Reynolds (pemeran Deadpool) bahkan dikabarkan sangat terpukul dengan kejadian itu. Walaupun begitu, tetap saja ada sejumlah aktor terkenal yang berani melakukan adegan berbahaya tanpa bantuan pemeran pengganti.

Tak hanya artis pria, sejumlah aktris juga berani menjalani sendiri adegan berbahaya. Dari beberapa aktor top yang punya nyali besar, berikut ini ada enam aktor yang tidak mau memakai jasa stuntman saat menjalani adegan berbahaya.

1. Jason Statham

Jason Statham. (Bintang/EPA)

Aktor laga asal Inggris ini ternyata sudah terbiasa melakukan adegan berbahaya sendiri, sejak masih jadi figuran atau bermain di film-film berbujet murah. Karena biaya minim sehingga tak bisa menyewa stuntman, Jason Statham mengaku terpaksa menjalani sendiri sejumlah adegan berbahaya.

Karena sudah terbiasa, ketika sudah jadi bintang top seperti saat ini, pemain film Fast and Furious ini tetap tak mau memakai stuntman. Salah satu aksi nekatya terjadi di film The Expendables 3 saat mengendarai sebuah truk besar yang mesinnya tak mau berhenti saat akan jatuh ke pelabuhan kapal laut. Begitu truk tercebur ke laut, Statham tetap tenang, berenang ke dermaga dan menyelesaikan adegannya tanpa mengeluh sama sekali. What a guy!

2. Tom Cruise

Tom Cruise rela latihan satu tahun demi sukseskan Mission Impossible 6. (Via: The Japan Times)

Beberapa tahun belakangan ini Tom Cruise kerap bermain di film laga. Hebatnya lagi, di usia 50-an ia berani melalukan adegan berbahaya tanpa pemeran pengganti. Aksi nekat itu dimulai saat Tom bermain di franchise film Mission: Impossible yang sedang menyiapkan film keenam.

Aksi paling ‘gila’ Tom Cruise bisa disimak di Mission: Impossible 4 saat ia bergelantungan di Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia yang berada di Dubai. Lalu di Mission: Impossible 5, Tom Cruise bergelantungan di sebuah pesawat yang tinggal landas.

3. Daniel Craig

Daniel Craig (LA Times)

Salah satu alasan Daniel Craig mendapat banyak pujian memerankan James Bond adalah karena berani melakukan sendiri adegan-adegan berbahaya sehingga karakternya terasa lebih realistis. Ini beda dengan pemeran Bond lainnya yang terkesan selalu rapi meski menjalani adegan laga. Craig mengaku ingin sebanyak mungkin melakukan adegan berbahaya tanpa pemeran pengganti.

James Bond versi Daniel Craig memang terkesan tanpa emosi dan dingin dalam menghadapi lawan-lawannya tapi itu yang jadi keunggulannya, meski tetap hangat dan tebar pesona pada wanita. Salah satu aksi nekat Craig bisa dilihat di adegan awal Casino Royale yang bergelantungan di udara menggunakan crane.

4. Christian Bale

Pemeran Batman di trilogi The Dark Knight memang sempat memakai pemeran pengganti, tapi sebagian besar adegan laga di film tersebut dilakukan sendiri olehnya. Christian Bale bahkan lebih dulu mempelajari sejumlah seni bela diri sebelum syuting agar terkesan lebih realistis. Selain itu, Bale memang selalu total dalam berakting.

Contoh lainnya bisa dilihat di film The Machinist saat Bale menurunkan berat badannya sampai terlihat kurus kering. Setelah itu, Bale bekerja keras membuat badannya kekar dan berotot untuk berperan sebagai Batman/Bruce Wayne.

5. Angelina Jolie

“Memiliki waktu tidur selama lima jam merupakan keberuntungan bagi Jolie. Bahkan selama beberapa bulan belakangan, dia selalu kurang tidur. Hal ini sangat mengkhawatirkan,” ujar sumber. (Instagram/angelinajolieofficial)

Bukan hanya para aktor, ada beberapa aktris yang juga berani melakoni sendiri adegan berbahaya. Salah satunya adalah Angelina Jolie. Hal itu dilakukan Jolie di sejumlah film bergenre laga, salah satunya di film Salt. Di satu adegan, Jolie berani meloncat dari jalan layang ke sebuah truk yang berjalan cepat.

Di adegan lainnya, Angelina Jolie sempat mengalami luka sedikit di atas hidungnya, Meski luka itu meninggalkan bekas sampai saat ini, Jolie sepertinya belum kapok menjalani adegan laga. Dua jempol buat Angelina Jolie!

6. Jackie Chan

wonderwoman.intoday.in

Nama akor asal Hong Kong in memang sudah melegenda sebagai aktor yang hampir melalukan sendiri semua adegan berbahaya di tiap film yang dibintanginya. Setelah lebih dari 40 tahun berkarir dan bermain di lebih dari 150 film, Jackie Chan mengaku hanya memakai stuntman di saat-saat tertentu saja. Jackie Chan juga punya tim stuntman tersendiri yang sudah dilakoninya sejak masih jadi figuran di film-film Bruce Lee.

Aksi Jackie Chan saat menjalani adegan berbahaya tanpa stuntman bisa disimak di tiap akhir film-filmnya yang menampilkan cuplikan syuting dan adegan behind the scene. Meski beberapa kali mengalami cedera, patah tulang dan pernah nyaris tewas, Jackie Chan masih berani melakukan sendiri adegan berbahaya di film-filmnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading