Sukses

Entertainment

Tidak Instan, 7 Idol K-Pop ini Jalani Masa Trainee Terlama

Fimela.com, Jakarta Kaya raya, hidup glamor, populer dan selalu mendapat teriakan histeris fans. Semua itu mungkin sudah menjadi hal sehari-hari bagi para idol di industri K-Pop.

Siapa yang tak mau mendapatkan semua keuntungan itu? Namun untuk bisa meraih hal itu ternyata tidaklah mudah. Mungkin idol populer yang kamu lihat sekarang pernah berada 180 derajat dari keadannya sekarang.

Industri K-Pop belakangan memang makin menggila seiring meningkatnya peminat. Salah satu alasannya adalah memang para artisnya benar-benar berkualitas, dan itu tak bisa didapat secara instan tentunya.

Tak sedikit idol yang telah menjalani dua, lima bahkan lebih dari sepuluh tahun untuk mengasah bakatnya. Semua butuh proses dan kerja keras yang memakan waktu dan tenaga ekstra.

Seperti para idol K-Pop berikut ini, yang menjalani masa trainee terlama sebelum debut. Siapa sajakah mereka?

1. G.Soul (15 Tahun)

Penyanyi RnB G.Soul menjadi idol dengan masa trainee terlama, yakni 15 tahun. Bisa bayangkan 15 tahun berlatih dan memaksimalkan diri demi karier yang tak ada jaminan sukses? 

Pria bernama asli Kim Ji-Hyun ini terdaftar sebagai trainee di JYP Entertainment sejak usia 12 tahun. G.Soul akhirnya debut pertama kali pada tahun 2015 lalu dengant title track You.

2. G-Dragon (11 Tahun)

Pentolan BigBang yang satu ini juga mengalami masa-masa sulit selama trainee. GD muda pertama kali direkrut oleh SM Entertainment sebagai trainee selama 5 tahun.

G-Dragon BigBang

Namun nasib membawanya keluar dari agensi tersebut, dan ia mencoba kembali peruntungannya di YG Entertainment. Jangan salah, di tahun pertamanya di YG ia melakukan banyak hal seperti membersihkan area kantor dan menyiapkan minuman untuk para artis YG. Tapi lihat kesuksesannya sekarang? Worth it.

3. Jihyo TWICE (10 Tahun)

Jihyo TWICE (soompi)

TWICE memang termasuk girlband yang belum lama berkiprah di industri K-Pop. Debut mereka baru dimulai pada 20 Oktober 2015 dengan 9 anggota termasuk Jihyo.

Bicara soal Jihyo, siapa sangka member 20 tahun ini sudah menjalani latihan di JYP selama 1 dekade sebelum debut. Kariernya dimulai sejak mencuri perhatian di program TV Sixteen yang menjadi awal mula TWICE.

4. Kwang Jin (10 Tahun)

Kwang Jin eks CNBLUE

Salah satu kisah yang juga tak kalah menarik datang dari Kwon Kwang Jin. Musisi yang satu ini masuk sebagai trainee di FNC Entertainment selama kurang lebih 10 tahun sebelum debut dengan CNBLUE.

Namun sayang di tahun pertama Kwang Jin memilih hengkang dan posisinya digantikan oleh Jungshin. Perbedaan visi dan selera musik ditengarai jadi penyebab utama ia keluar dari CNBLUE, dan membentuk band baru N Flying.

 

5. Jessica Jung (7 Tahun)

Agak ironis memang, Jessica Jung menjadi trainee terlama di antara member SNSD lainnya. Namun ia justru dikeluarkan karena alasan yang sampai saat ini masih jadi perdebatan pada 2014.

Jessica Jung

Jessica dan Krystal ditemukan SM saat tengah berlibur, dan keduanya masuk sebagai trainee beberapa waktu kemudian. Sayangnya hubungan Jessica dan agensi tersebut tidak berakhir baik.

6. Yoona SNSD (7 Tahun)

Tak lama setelah Jessica masuk sebagai trainee, Yoona hadir dan merebut perhatian. Meski memiliki visual yang di atas rata-rata, Yoona tetap menghabiskan 7 tahun waktunya untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

Yoona SNSD

7. Suho EXO (6,5 Tahun)

Di usia 16 tahun, SM Entertainment bertemu dan tertarik merekrut Suho. Dengan masa trainee hampir selama 7 tahun, Suho akhirnya dipilih sebagai leader grup EXO.

Ia pun sangat antusias ketika EXO memulai debutnya pada 2011 dan kini menjadi salah satu boyband terpopuler di kancah K-Pop.

Suho EXO

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading