Sukses

Entertainment

Beda Pernikahan Kahiyang Ayu dan Edhie Baskoro, Sederhana Siapa?

Fimela.com, Jakarta Presiden Jokowi akan menikahkan kembali salah satu anaknya dalam masa pemerintahannya. Setelah Gibran Rakabuming Raka pada tahun 2015 lalu, kini giliran sang adik, Kahiyang Ayu yang bakal menikah dengan Bobby Nasution.

Pernikahan Kahiyang dan Bobby sendiri akan dilangsungkan hari ini, Rabu, 8 November 2017 di Gedung Graha Saba Buana Solo, Jawa Tengah. Setelah akad nikah pagi hari, kedua calon mempelai akan menggelar resepsi di lokasi yang sama pada siang dan malam harinya.

Sebagai anak RI 1, Kahiyang rupanya tak ingin menonjolkan kemewahan dalam acara pernikahannya dengan Bobby. Tercermin dari serangkaian prosesi adat yang dilakukannya jelang nikah yang terlihat sangat sederhana, serta serba-serbi seperti suvenir nikah.

Kesederhanaan semakin terlihat kala Kahiyang turut melibatkan tetangga sekitar dalam hari bersejarah dalam hidupnya. Puluhan tukang becak juga diikutsetrtakan untuk mengantar tamu dalam pernikahan anak kedua Presiden Jokowi ini.

Ya, Kahiyang Ayu memang tidak memperkenankan para tamu undangan, kecuali VIP dan VVIP, untuk membawa kendaraan. Ia dan pihak keluarga telah menyediakan puluhan becak serta shuttle bus untuk mengangkut tamu dari tiga lokasi parkir yang disediakan ke gedung pernikahan.

Beda Pernikahan Kahiyang Ayu dan Edie Baskoro

Seperti Jokowi, saat masa pemerintahannya sebagai Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga sempat menikahkan dua anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

Agus Harimurti Yudhoyono resmi menikah dengan Annisa Pohan pada 2005 lalu. Sementara Edhie Baskoro Yudhoyono mempersunting putri mantan Menko Perekonomian Kabinet Indonesia Bersatu, Hatta Rajasa, Siti Rubi Aliya Rajasa pada 24 November 2011.

Pernikahan Edie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas kala itu menjadi salah satu pergelaran pernikahan yang cukup menyita perhatian. Bagaimana tidak, pernikahan anak kedua SBY ini dilakukan di dua tempat berbeda. Akad nikah di Istana Cipanas, sementara resepsi di Jakarta Covention Center (JCC) dengan mengundang 3.500 tamu.

Jumlah tersebut terbilag lebih sedikit ketimbang tamu yang diundang dalam pernikahan Kahiyang dan Bobby. Setidaknya, pasangan ini akan mengundang sekitar 8.000 undangan yang terdiri dari kerabat, tetangga, sahabat, pejabat, relawan sang ayah hingga artis ibukota.

Perbedaan adat dalam pernikahan Kahiyang Ayu dan Edie Baskoro

Meski berasal dari dua suku yang berbeda, namun Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution bakal menggunakan adat Jawa dalam pesta pernikahannya, baik saat akad maupun resepsi. Busana dodot atau pakaian basahan kabarnya akan dipakai Kahiyang saat resepsi.

Sementara itu, pernikhan Edie Baskoro dan Aliya Rajasa menggunakan dua adat yang beerbeda. Saat akad nikah, keduanya mengenakan adat Palembang, sesuai dengan daerah asal mempelai wanita. Namun saat resepsi megah di JCC, Ibas dan Aliya menggunakan adat Jawa.

Jokowi Tak Ingin Dibandingkan

Menggelar acara pernikahan anak secara sederhana, Presiden Jokowi rupanya tak ingin dibandingkan dengan pernikahan lainnya. Pasalnya bisa dibilang acara ini memang digelar secara mandiri oleh keluarga.

"Ya kalau ini (pernikahan Kahiyang Ayu) kan semuanya sendiri, gedung punya sendiri, catering punya sendiri, panitia juga sendiri. Ya jangan dibandingkan dengan yang lain," ungkap Jokowi saat preskon usai Gladi Bersih di Graha Saba Buana pada Selasa (7/8/2017). 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading