Sukses

Entertainment

Ngunduh Mantu di Medan, Kahiyang Ayu Jalani Prosesi Haroan Boru

Fimela.com, Jakarta Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, telah tiba di Kota Medan, Sumatera Utara pada Minggu (19/11/2017). Kedatangan pasangan pengantin baru ini tidak lain untuk melakukan sederet prosesi ngunduh mantu dari adat Mandailing.

Adapun prosesi pertama yang dilakukan Kahiyang dan Bobby adalah Haroan Boru, yang di mana bertujuan untuk menerima kadatangan pengantin wanita. Acara sendiri berlangsung di kediaman orangtua Bobby di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setia Budi, Medan, Sumatera Utara.

 

Dimulai pukul 18.00 WIB, prosesi adat Mandailing pertama yang dilakukan Kahiyang dan Bobby ini berlangsung sekitar tiga jam. Kedua mempelai tampak kompak mengenakan baju berwarna biru.

Iringan musik tradisional Mandailing mengiringi kehadiran Kahiyang dan Bobby. Sayangnya, kedua orangtua Kahiyang, yakni Presiden Jokowi dan ibu Iriana tak dapat hadir.

Serangkaian prosesi adat yang dijalani Kahiyang Ayu

Seorang Pengetua Adat Mandailing, Afifudin Lubis, yang bergelar Mangaraja Ihutan Soripada mengungkapkan, keluarga yang menerima Kahiyang Ayu terdiri dari tiga komponen. Pertama, Suhud selaku pemilik rumah, termasuk paman Bobby Nasution.

Kedua, anak boru atau ipar di rumah dan kahanggi, yakni sanak saudara Bobby yang kesemuanya bermarga Nasution. Selain sanak saudara, acara juga dihadiri raja-raja pemangku adat Mandailing lainnya.

"Semua menyambut Kahiyang dan Bobby. Namun, hanya satu raja yang dituakan memimpin Haroan Boru ini, disebut Raja Panusunan," kata Afifudin, Minggu (19/11/2017), seperti dikutip Liputan6.com.

Adapun yang bertindak sebagai Raja Panusunan adalah Pandapotan Nasution yang bergelar Patuan Kumala Pandapotan. Raja Panusunan berasal Pidoli Lombang, Mandailing. "Beliaulah yang dituakan," ujar Afifudin.

Kahiyang Ayu dan suami duduk di Amak Lampisan

Saat acara belangsung, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution didudukkan di atas Amak Lampisan, yaitu tikar adat yang terdiri dari beberapa lapis. Rangkaian prosesi haroan boru pun dilanjutkan dengan sambutan dari keluarga kedua belah pihak.

Setelah itu, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution disuguhkan beragam makanan adat seperti Itak, makanan terbuat dari tepung beras dan santan, serta ada juga makanan khas Mandailing lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading