Sukses

Entertainment

5 Selebriti Dunia yang Terjun Jadi Politikus

Fimela.com, Jakarta Satu dekade belakangan, dunia hiburan Indonesia disuguhkan oleh beragam berita tentang artis ibukota yang menjajal peruntungan menjadi politikus. Tak cuma jadi anggota legislatif, banyak dari mereka yang juga mencalonkan diri sebagai pemimpin daerah.

Sebetulnya, fenomena artis berkecimpung di bidang politik sudah berlangsung beberapa puluh tahun lalu. Para artis di berbagai negara sudah terlebih dulu berlomba-lomba terjun ke bidang politik, bahkan ada yang berhasil menjadi presiden.

Yuk, simak daftar lima selebriti dunia yang sukses menjadi politikus.

1. Ronald Reagan

Ronald Reagan menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ke-40 periode 1981-1989. Sebelum menjabat sebagai presiden, Reagan terlebih dulu mengawali karier politiknya dengan menjadi Gubernur California pada tahun 1967-1975.

Ronald Reagan lahir pada 6 Februari 1911. Jauh sebelum dikenal sebagai politikus, Reagan adalah seorang aktor Hollywood yang sukses membintangi puluhan judul film layar lebar, seperti Dark Victory, Santa Fe Trail, Kings Row dan masih banyak lagi.

2. Clint Eastwood

Clint Eastwood dikenal sebagai aktor sekaligus sutradara papan atas Hollywood. Atas kinerjanya, Eastwood pun sudah diganjar penghargaan paling bergengsi sekelas Oscar.

Namun, kepopuleran sebagai artis tak membuat Clint Eatwood berpuas diri. Ia masih berkeinginan menjajal bidang lainnya, seperti politik. Eastwood tercatat pernah menjadi walikota untuk kampung halamannya, Carmel, California pada tahun 1986 silam. Ia pun menjabat selama dua tahun.

3. Amitabh Bachchan

Sosok Amitabh Bachchan dikenal sebagai salah satu legenda di Bollywood. Tapi tahukah kamu? Saat berada di puncak karier, Bachchan memutuskan untuk berhenti sejenak dari dunia hiburan dengan menjadi politisi sekitar tahun 1980-an. Sayangnya, kiprah politik Bachchan hanya bertahan selama tiga tahun saja.

4. Arnold Schwarzenegger

Arnold Schwarzenegger lahir di Austria, 30 Juli 1947. Pada tahun 1968, ia hijrah ke Amerika Serikat, dan memiliki kewarganegaraan ganda (AS dan Austria). Meski demikian, Arnold berhasil memberikan loyalitas terbaiknya untuk Negeri Paman Sam dengan menjadi Gubernur California ke-38 periode 2003 hingga 2011.

5. Al Franken

Komedian Al Franken pernah menjabat sebagai Anggota Senat Amerika Serikat dari tahun 2009 hingga 2017. Ya, di tahun ini, bintang Satuday Night Live itu memang baru memutuskan untuk mundur sebagai politikus, setelah beberapa tuduhan pelecehan seksual.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading