Sukses

Entertainment

Editor Says, Bisakah Dilan 1990 Jadi Film Indonesia Terlaris?

Fimela.com, Jakarta Suka atau tidak suka, bosan atau tidak bosan kita harus mengakui kalau Dilan 1990 memang fenomenal. Dibintangi dua artis muda, Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla, film ini sudah menorehkan banyak rekor di awal tahun ini.

Sampai dengan 14 Februari kemarin, film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Pidi Baiq ini sudah menorehkan angka 5,4 juta penonton. Dengan antusiasme penonton yang masih tinggi, jumlah ini masih bisa terus bertambah. Dibanding tahun lalu, Dilan 1990 sudah melalpaui rekor film terlaris tahun lalu.

Seperti diketahui, Pengabdi Setan yang menjadi film Indonesia terlaris di tahun 2017 memperoleh 4,2 juta penonton. Sedangkan, jika dirunut sejak tahun 2007, film Dilan sudah melampaui film Laskar Pelangi sebagai film terlaris sepanjang masa kedua dengan perolehan 4.719.453 penonton.

Masih ada kemungkinan Dilan 1990 bisa melampaui film Warkop DKI Reborn Part 1 yang berhasil mencapai puncak tertinggi perolehan penonton yang mencapai angka 6,8 juta penonton. Film box office yang masuk rekor terlaris sepanjang masa diputar rata-rata sampai satu bulan di bioskop.

Ini terjadi karena tingginya antusiasme penonton. Dilan 1990 sendiri sudah tayang di bioskop sejak 25 Januari lalu yang berarti memasuki masa tiga minggu penayangannya. Pasti bukan hal mudah untuk bisa bertahan sampai satu bulan, apalagi banyak film Indonesia maupun Hollywood yang dirilis. 

Dilan 1990 dan Long Weekend

Beberapa film Indonesia seperti London Love Story 3 dan Eiffel I’m in Love 2 pasti sudah dinanti para penggemarnya. Para fans London Love Story tentunya ingin menyaksikan bagaimana kelanjutan hubungan Dave dan Caramel, apakah mereka berdua benar-benar akan menikah?.

Begitu juga dengan Eiffel I’m i Love 2 yang mengikuti jejak Ada Apa Dengan Cinta, yaitu dibuatkan sekuelnya setelah film pertamanya meraih sukses belasan tahun lalu. Belum lagi film Hollywood, Black Panther yang tayang lebih dulu di Indonesia daripada di Amerika Serikat yang tentunya akan diputar di ratusan layar.

Black Panther bahkan disebut-sebut sebagai film superhero Marvel terbaik. Lalu, berapa jumlah akhir penonton Dilan 1990 nantinya Mampukah menumbangkan rekor Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Pat 1 yang meraih 6,8 juta penonton di tahun 2016 lalu?.

Kalau menurut saya, kuncinya ada di akhir pekan atau masa liburan long weekend menyambut Tahun Baru Imlek ini. Angka 6 juta kemungkinan besar akan bisa diraih. Tapi buat memecahkan rekor, maka setidaknya harus bisa mencapai 6,2 sampai 6,4 juta penonton.

Setelah itu tinggal berharap di akhir pekan berikutnya bisa mencapai angka 6,9 juta penonton. Namun kalau di long weekend ini hanya mencapai angka 6 juta, sepertinya akan berat karena masa ‘hype’ atau euforia Dilan 1990 sepertinya hanya akan bertahan sampai pekan depan.

Saya pribadi merasa euforia London Love Story 3 dan Eiffel I’m in Love 2 tak akan seheboh film pendahulunya. Kesimpulannya, Dilan 1990 masih punya peluang buat menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa. Namun yang paling realistis sepertinya akan berakhir di sekitar angka 6,5 juta penonton.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading