Sukses

Entertainment

Oscar 2018 Diprotes Karena Menangkan Pelaku KDRT dan Pelecehan Seksual

Fimela.com, Jakarta Ajang penghargaan bergengsi di dunia film, Academy Awards atau Oscar 2018 baru saja berlangsung pada 5 Maret kemarin. Seperti kita tahu, film The Shape of Water jadi yang paling dominan dengan meraih empat piala.

Meski begitu sejumlah kontroversi juga terjadi di tengah-tengah ajang yang glamor dan penuh gengsi ini. Masalah pelecehan dan kekerasan terhadap wanita menjadi isu utama di Oscar tahun ini. Walaupun banyak mendapat dukungan namun kesetaraan gender dan masalah pelecehan seksual di Hollywood dianggap masih perlu waktu lama untuk bisa diatasi.

Misalnya saja panitia Oscar yang dinilai belum konsisten dalam mendukung kampanye tersebut. Seperti dilansir dari New York Times, kemenangan Gary Oldman sebagai Aktor Terbaik yang banyak diprotes termasuk dari mantan istrinya.

Akting Oldman memang sangat memukau di film Darkest Hour, namun bukan itu masalahnya. Mantan istri Oldman, Donya Fiorentino menyindir pihak AMPAS selaku panitia Oscar karena pria yang pernah dinikahinya itu pernah melakukan KDRT. 

 

Kobe Bryant dan Oscar 2018

Media sudah banyak yang memberitakan kekerasan yang dilakukan Gary Oldman pada Donya selama mereka menikah di tahun 1997-2001. Disebutkan dalam satu kesempatan mereka berebut telepon.

Saat Gary melepaskan telepon tersebut, Donya tak sengaja terantuk dengan benda itu sampai ia terluka.Lalu pemenang Oscar 2018 lainnya yang diprotes adalah Kobe Bryant, yang dituduh melakukan perkosaan pada 2003. Ia bahkan sempat ditahan polisi, sejumlah sponsor memutuskan kontraknya dan penjualan kostumnya menurun drastis.

Namun kasus tersebut urung disidangkan karena sang korban menolak bersaksi. Mereka akhirnya berdamai dan Kobe memberikan sejumah uang kompensasi yang jumlahnya diahasiakan. Kobe Bryant memenangkan Oscar 2018 dalam ketagori Film Animasi Pendek Terbaik sebagai penulis film Dear Basketball.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading