Sukses

Entertainment

Momen Seru Kelas Kreatif HP, Kelas Nyanyi Bareng Naura

Fimela.com, Jakarta Di rumah aja bukan jadi alasan nggak bisa seru-seruan sambil mempelajari hal yang bermanfaat bersama si kecil. Moms tetap bisa #KreatifBarengSiKecil lewat berbagai cara, salah satunya memanfaatkan bantuan teknologi. Si kecil bisa belajar hal-hal bari dan menyenangkan bersama Kelas Kreatif HP yang dipersembahkan oleh HP Indonesia agar Moms dan si kecil tetap kreatif di rumah aja.

Kelas Kreatif HP ini merupakan rangkaian kelas virtual yang diselenggarakan HP untuk memberikan kesempatan agar anak-anak tetap kreatif dalam belajar dan bermain meskipun di rumah aja, tentunya dengan bantuan teknologi. Rangkaian kelas ini pun akan dilaksanakan sampai tanggal 7 November nanti.

Seri pertama dari rangkaian Kelas Kreatif HP sudah berlangsung pada Sabtu (17/10/2020) dengan tema Kelas Menyanyi bareng sosok yang nggak asing lagi, yaitu Naura bersama Coach-nya, Yandi Gunawan. Coach Yandi Gunawan sendiri merupakan vocal coach Naura yang berbagi tips dan teknik menyanyi yang baik. Mau tahu seperti apa keseruannya? Yuk, intip rangkuman highlight-nya!

Belajar Teknik Vokal Bersama Coach Yandi

Kalau mau piawai bernyanyi, penting banget buat mempelajari basic alias dasar tekniknya. Dalam sesi kelas virtual kali ini, Coach Yandi menekankan pentingnya teknik vokalisasi yang baik. Hal ini diawali dengan mengenal bagian tubuh yang berkaitan dengan proses produksi suara dan melatih pernapasan diafragma untuk memaksimalkan teknik vokal.

“Cara mengambil pernapasan diafragma bisa dengan tidur telentang lalu ambil napas, nanti rusuk akan mengembang. Atau bisa juga posisi tubuh membungkuk L, nanti diafragma akan terisi udara. Kalau sudah terlatih diafragma nanti akan lebih panjang napasnya,” jelas coach Yandi.

Sementara itu, untuk melatih pernapasan diafragma ini kuncinya adalah jangan ada jeda di antara napas. “Berdiri jangan bungkuk, badan tegap, lalu nyanyikan dengan humming. Untuk mengetahui leher rileks apa nggak, bisa gerakkan leher saat menyanyi tapi not tidak berubah,” lanjutnya.

Coach Yandi juga menyarankan untuk melatih diafragma dengan latihan tangga nada, bisa nada tunggal atau rangkai. Hal ini penting banget agar otot pita suara lebih elastis dan produksi suara lebih optimal.

“Orang yang nyanyinya bagus bukan hanya punya produksi suara bagus saja, tapi juga bisa memegang not dengan tepat,” tegas Coach Yandi.

Biarpun dilakukan dari jarak jauh atau secara virtual, kegiatan belajar bersama Coach Yandi tetap berjalan maksimal berkat bantuan teknologi. Coach Yandi menggunakan laptop serta desktop untuk memberikan visualisasi belajar teknik menyanyi agar mudah dipahami anak-anak yang berpartisipasi. Hal ini pun ia laksanakan dengan murid-muridnya seperti Naura, dibantu dengan laptop yang mumpuni serta aplikasi seperti Zoom. Selain itu, Coach Yandi juga menggunakan software musik seperti Sibelio dan Cubase untuk membantu proses belajar yang lebih menyenangkan dan mudah dipahami.

Latihan Nyanyi Bareng Naura

Setelah membagikan tips dan teknik vokal, Coach Yandi pun mengajak para peserta latihan bareng Naura secara virtual. Mereka berlatih lagu Somewhere Over the Rainbow untuk mempraktikkan pemenggalan kata tiap lagu dengan tepat yang mempengaruhi pernapasan.

Selain latihan nyanyi, Coach Yandi dan Naura juga berbagi tips buat para peserta yang ikutan, lho. Naura yang punya tipikal suara serak ternyata pernah mengalami kehabisan suara saat lagi kecapekan menghadapi konser besar. Ternyata ada tips yang selama ini diterapkan Coach Yandi dan Naura buat mengantisipasinya.

“Dulu pernah latihan berbulan-bulan. Terus sering kan habis gelada kotor lanjut gelada bersih diulang-ulang terus. Kalau udah capek suara pasti habis. Om Yandi biasanya selalu standby di backstage buat ingetin humming terus. Selain itu sedia air kelapa, kencur, terus humming sesering mungkin,” ungkap Naura.

Cerita Latihan Vokal Naura Selama di Rumah Aja

Selama masa pandemi ini, Naura memang lebih sering melakukan latihan menyanyi bersama Coach Yandi secara virtual dengan bantuan laptop dan aplikasi seperti Zoom. Rutinitas latihan yang biasanya dilakukan adalah berlatih dengan lagu yang sudah di-suggest Coach Yandi atau pilih lagu baru yang lebih challenging supaya bisa mengeksplor dan menguasai teknik menyanyi lainnya. Naura juga kasih tips buat para peserta yang ingin jadi penyanyi profesional.

“Harus giat belajar. Aku dulu juga orangnya gampang bosen, tapi semakin dewasa semakin mengerti kalau harus dilawan jika mau maju. Kalau mau jadi seseorang yang berkembang harus benar-benar melawan rasa malas, rasa takut, dan jangan terlalu overthinking. Penting juga jangan mudah puas,” pungkas Naura.

Di akhir sesi Kelas Kreatif HP kali ini, Naura membawakan 3 lagu andalannya buat menghibur para peserta yang sudah berpartisipasi aktif. Mulai dari Sudahkah Kau Bilang I Love You, Mendengar Alam, dan Dikelilingi Cinta.

Rangkaian Kelas Kreatif HP sendiri masih terus berlanjut, lho. Kelas kedua akan diselenggarakan pada Sabtu, 24 Oktober 2020 mendatang dengan tema Kelas Memasak membuat mini pizza toast dan es buah jelly bersama Chef Erwin dan Joyful Kitchen. Kelas ini akan berlangsung dari jam 11.00 – 12.30 WIB, pastikan jangan sampai ketinggalan biar weekend tetap #KreatifBarengSiKecil selama di rumah aja. Segera daftarkan diri Moms dan si kecil dengan mengisi Google Form di sini.

Info lebih lengkap kunjungi @fimeladotcom ya. Selama belajar di rumah, moms bisa bantu si kecil agar pengalaman belajarnya jadi asik dan menyenangkan, bertepatan dengan Kelas Kreatif HP, moms bisa cek solusi-solusi belajar di rumah oleh HP dengan mengunjungi www.store.hp.com/id untuk berbagai promo belajar dari rumah dari HP.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading