Sukses

Entertainment

Siraman, Lesti Kejora Dapat 15 Kali Guyuran Air dari Keluarga dan Kerabat Terdekat

Fimela.com, Jakarta Usai menjalani pengajian dan prosesi adat Sunda seperti Ngaras dan sungkeman, Lesti Kejora melanjutkan persiapan pernikahannya dengan prosesi siraman. Total, ia mendapat 15 siraman dari orangtua dan beberapa anggota keluarga serta kerabat dekatnya. Tak seperti pengajian yang berlangsung haru, kali ini Lesti tampak menikmati setiap prosesnya.

Sebelum menjalani prosesi siraman, Lesti terlebih dahulu melakukan ritual Keningan, yakni memangkas sebagian rambutnya. Hal itu nyatanya punya makna baik dalam tradisi.

"Membuang sifat buruk dari Lesti," kata pembawa acara dari siaran tunda yang ditayangkan Indosiar.

15 Guyuran Air

Proses siraman pun dilaksanakan sesaat setelahnya. Selain sang bunda dan anggota keluarga perempuan yang lain, tampak pula Direktur SCM, Harsiwi Achmad, pedangdut senior Hetty Koeshendang, dan aktris senior Yati Octavia turut menyiramkan air doa yang dilengkapi dengan kembang ke beberapa bagian tubuh Lesti secara bergantian.

Basuhan air yang disiramkan ke bagian kepala, bahu, tubuh serta kaki Lesti dimaknai beragam. Basuhan di bagian kepala sebagai simbol membersihkan pikiran sang calon pengantin, sementara basuhan di bagian bahu agar Lesti selalu diberikan kekuatan dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Di samping itu, air yang disiramkan di bagian depan tubuh Lesti merupakan doa agar Lesti dan Billar segera diberikan momongan. Dan, untuk bagian kaki diartikan agar ia bisa kuat menapaki langkah hidup barunya sebagai seorang istri dan calon ibu nantinya.

Wudhu

Kemudian, di akhir prosesi Siraman, Lesti membasuh tubuhnya dengan berwudhu dibimbing oleh kedua orangtuanya. Berwudhu pasca siraman dimaknai sebagai ajang menyucikan diri sebelum menempuh hidup baru.

Pernikahan Lesti dan Rizky Billar

Setelah serangkaian prosesi pengajian dan siraman, Lesti Kejora akan segera dipersunting oleh Rizky Billar. Pernikahan mereka sedianya akan berlangsung pada Kamis, 19 Agustus 2021 mulai dari pagi hari. Setelah itu, pesta pernikahan mereka akan berlangsung pada Sabtu, 21 Agustus 2021.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading