Sukses

Entertainment

Film Kartini yang Dibintangi Dian Sastrowardoyo Hadir di Layanan Streaming Vidio

Fimela.com, Jakarta Kisah R.A Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dalam mengenyam pendidikan, diangkat ke dalam sebuah film biopik besutan Hanung Bramantyo. 

Dirilis pada 2017, film Kartini mendapuk Dian Sastrowardoyo sebagai pemeran utama. Layar lebar produksi Legacy Pictures ini merupakan film ketiga yang mengadopsi kisah hidup Kartini.

Sebelumnya, sosok pejuang emansipasi perempuan itu pernah diangkat dalam film R.A Kartini yang rilis di tahun 1984. Sementara di tahun 2016, kisah fiksi asmara Kartini hadir dalam film Surat Cinta Untuk Kartini yang juga digarap oleh Hanung Bramantyo.

Walaupun Kartini adalah sosok yang familiar, Hanung tetap menyuguhkan kisah dari sudut pandang yang berbeda dalam film ini. Selain Dian Sastrowardoyo, film Kartini juga diramaikan oleh Deddy Sutomo, Christine Hakim, Acha Septriasa, Ayushita, Reza Rahadian, dll. 

Lalu, seperti apa cerita Kartini dalam film ini? Simak sinopsis film Kartini berikut ini.

Sinopsis

Terlahir di Jepara yang saat itu sangat kental akan kasta gendernya, Kartini (Dian Sastrowardoyo) merupakan anak dari sosok wanita yang bukan dari golongan bangsawan.  Ibunya menikah dengan seorang keturunan darah biru bernama Raden Sosroningrat.

Di zaman itu, wanita dianggap sebagai pelayan yang tidak bisa memiliki pendidikan yang tinggi seperti laki-laki.  Hal tersebut yang membuat Kartini merasa sangat ingin sekali merubah tradisi saat itu. Dan hal pertama yang ingin dilakukan oleh Kartini adalah menyetarakan hak perempuan melalui pendidikan.

Penuh Lika-Liku

Keinginannnya tersebut ternyata diketahui oleh sang kakak, yaitu Sosrokartono (Reza Rahadian) dengan memberikan kunci lemari yang berisikan buku-buku, saat ia sekolah di Belanda. Saat itu Kartini sedang dipingit atau tidak bisa keluar rumah sehingga ia tidak bisa keluar rumah.  

Dibantu dengan kedua adiknya, Roekmini dan Kardinah yang diperankan oleh Acha Septriasa dan Ayushita, mereka berusaha untuk membuat sekolah bagi kaum miskin. Film ini juga menggambarkan lika-liku perjuangan kartini hngga dapat menghilangkan adat perempuan rumahan, yang sudah lama melekat di lingkungannya. 

Bagaimanakah perjalanan Kartini? Temukan jawabannya dengan nonton film Kartini yang bisa disaksikan di layanan streaming Vidio.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading