Sukses

Entertainment

7 Fakta Simu Liu Pemeran Shang-Chi, Superhero Pertama dari Asia

Fimela.com, Jakarta Film terbaru Marvel Studios Shang Chi and the Legend of the Ten Rings berhasil mencuri perhatian publik. Hal ini dibuktikan dengan posisinya yang terus mendominasi di puncak Box Office Amerika Serikat.

Salah satu yang spesial dari film ini adalah karakter Shang-Chi yang merupakan superhero dari Asia pertama yang keluarkan Marvel. Karakter tersebut diperankan oleh Simu Liu, seorang aktor Kanada berdarah Cina.

Nama Simu Liu yang semakin besar seiring dengan melambungnya film tersebut membuat banyak orang bertanya-tanya siapa dirinya sebenarnya. Penasaran dengan sosok Simu? Berikut adalah tujuh fakta tentangnya.

Mengawali kariernya sebagai akuntan

Ketika duduk di bangku kuliah, Simu mengambil jurusan administrasi bisnis di Ivey Business School. Ia lulus dengan gelar kehormatan pada 2011 dan mengawali kariernya sebagai akuntan di Deloitte, sebuah perusahaan akuntansi besar di Kanada.

Tidak bertahan lama, Simu hanya betah bekerja sebagai akuntan selama 9 bulan. Dalam sebuah cuitannya di Twitter ia mengaku tidak suka pekerjaan tersebut. Ia akhirnya banting setir ke dunia hiburan, meski awalnya sempat tidak mendapat restu kedua orangtuanya.

Pernah menjadi model untuk stock images

Melalui akun Twitternya, Simu mengungkapkan bahwa pada tahun 2014, ia pernah menjadi model stock images. Tidak hanya satu foto, terdapat sekitar empat foto dirinya dalam pose dan jenis pekerjaan yang berbeda-beda.

Dalam talk show “The Tonight Show Starring Jimmy Fallon”, Simu mengaku bahwa pekerjaan tersebut sangat merugikannya. Sambil tertawa, Simu bercerita bahwa foto tersebut disebarluaskan secara gratis, sehingga ia tidak mendapat bayaran setiap kali foto tersebut dipakai.

Mengawali kariernya aktingnya sebagai stuntman 

Simu mengawali karier aktingnya sebagai seorang stuntman pada 2011 hingga 2014. Ia muncul di beberapa film dan video klip, seperti film Pacific Rim dan video klip I Could Be The One karya mendiang Avicii.

Meski sudah biasa menjadi stuntman, tetapi adegan perkelahian di Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings lebih menonjolkan seni bela diri khas Asia. 

Seorang penulis dan produser 

Di samping menjadi aktor dan stuntman, Simu juga ternyata seorang penulis dan produser. Simu telah menulis untuk beberapa majalah di Kanada, juga menulis skrip untuk program TV Kanada bertajuk “Blood and Water”. Pada 2022 mendatang, kabarnya Simu akan merilis sebuah buku tentang perjalanan hidupnya yang diberi judul “We Were Dreamers: An Immigrant Superhero Origin Story”

Tak sampai di situ, sebuah film pendek yang diproduserinya pada 2018 lalu berjudul “Meeting Mommy” pun sukses meraih beberapa penghargaan di Amerika Serikat dan Kanada. 

 

Bernyanyi adalah bakat terpendamnya

Seolah tidak cukup dengan segudang kemampuannya, ternyata Simu juga memiliki bakat bernyanyi dan bermain alat musik. Hal tersebut pun kerap ia tunjukkan lewat akun Instagram pribadinya.

Menariknya, lagu yang dinyanyikan aktor 32 tahun ini tidak hanya dalam Bahasa Inggris, tetapi juga Bahasa Korea dan Cina. Selain gitar, Simu juga lihai memainkan piano.

Cinta olahraga

Lewat Instagram Simu Liu menunjukkan dirinya sangat menyukai kegiatan olahraga seperti jetski, basket, dan gimnastik. 

Kebiasaannya berolahraga juga membantunya menguasai gerakan-gerakan kung fu yang dipelajarinya untuk memerankan tokoh Shang-Chi. Demi memenuhi tuntutan peran tersebut, Simu dikabarkan hampir mengalami patah tulang leher saat melakukan jungkir balik saat berlatih di halaman rumahnya.

Tak Lolos Bintangi Film Crazy Rich Asian

Jauh sebelum ditunjuk sebagai superhero Marvel, Simu pernah mengikuti audisi film Crazy Rich Asians sebanyak empat kali untuk peran Nick Young. Sayangnya, peran tersebut jatuh ke pada Henry Goulding. Meski demikian, ambassador dari UNICEF Kanada ini justru merasa itu adalah pilihan yang tepat, karena ia merasa aksen British-nya terdengar kurang bagus.

Meski tidak mendapat peran di film Crazy Rich Asians, tetapi ia masih tertarik untuk bermain di sekuel film tersebut. Menariknya, dalam film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings Simu berkesempatan beradu peran dengan beberapa alumni Crazy Rich Asians, yaitu Michelle Yeoh, Awkwafina, dan Ronny Chieng.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading