Sukses

Entertainment

IMA 2021 Berikan Penghargaan Life Achievement Award Untuk Glenn Fredly

Fimela.com, Jakarta Program penghargaan bagi musisi dan penikmat musik di tanah air, Indonesian Music Awards (IMA) 2021 sukses digelar pada Senin (6/12). Di malam puncak penghargaan musik ini,dihadiri juga oleh pemangku kepentingan di industri musik baik para founder, serta manajemen dari sejumlah label musik ternama di tanah air.

Nama-nama populer di blantika musik bahkan di dunia hiburan digital turut menjadi daya tarik malam puncak IMA 2021. Mereka adalah Rossa, Cinta Laura, Maia Estianty, Lyodra, Mahalini, Rizky Febian, Judika, Lesti, Marion Jola, Stevan Pasaribu, Budi Doremi, Inul Daratista, Krisdayanti, Fiersa Besari, Prinsa Mandagie, Anneth Delliecia.

Juga Ziva Magnolia, Marshel Widianto, Erick Estrada, Aurelie Hermansyah, Ria Ricis, 3 Composers, Ariel Tatum, NOAH, Ungu dan Celine Evangelista. Serta pemandu acara yakni Daniel Mananta dan Ayu Dewi yang sukses mengajak audiens larut dalam pesta bagi para penggemar musik Indonesia tersebut.

12 Kategori

IMA 2021 merupakan salah satu dari penghargaan bagi insan musik dengan basis pilihan penggemar melalui mekanisme voting, sehingga hasilnya sangat obyektif dan dapat dipertanggungjawabkan. Nama-nama para nominasi diperoleh dari data stream Langit Musik dalam kurun waktu Oktober 2020 hingga Oktober 2021.

Dari data tersebut, diperoleh 10 nama untuk tiap kategori. Selanjutnya 10 nama tersebut dikerucutkan menjadi 5 nominasi di tiap kategori lewat mekanisme validasi dan verifikasi bersama perwakilan AMDI (Asosiasi Music Director Indonesia) dan pengamat musik.

“Mekanisme voting, kami buat transparan dan juga dilakukan audit oleh auditor independen sehingga nama pemenang yang tadi diumumkan pada malam puncak IMA 2021 dapat dipertanggungjawabkan keabsahan serta kredibilitasnya,” ucap Adib Hidayat, selaku VP Digital Music PT. Melon Indonesia.

Para Jawara Favorit

Indonesian Music Awards 2021 menghadirkan 12 kategori di mana masing-masing terdapat 5 nominasi. Berikut ini, nama-nama yang terpilih sebagai yang terfavorit di tiap kategori.

Kategori Song of The Year: Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti - Anneth Delliecia

Kategori Colaboration of The Year: Ungu & Lesti - Bismillah Cinta

Kategori New Artist of The Year: Mahalini

Kategori Social Media Artist of The Year: Lesti

Kategori Male Singer of The Year: Iwan Fals

Kategori Female Singer of The Year: Lesti

Kategori Duo/Grup/Band of The Year: NOAH

Kategori Alternative Song of The Year: To The Bone - Pamungkas

Kategori Throwback Hits of The Year: Hampa- Ari Lasso

Kategori Songwriter/Composer of The Year: Bembi Noor, Mario Kacang, Tengku Shafick – Salah Benar (dibawakan oleh 3 Composers feat. Rizky Billar)

Kategori Album of The Year: Lyodra - Lyodra

Kategori Top Nada Sambung Pribadi: Kulepas Dengan Ikhlas - Lesti

Selain 12 kategori yang disebutkan tadi, IMA 2021 juga mengangkat antusiasme para pencipta konten kreatif dalam menciptakan Nasa Sambung Pribadi (NSP Kreasi) lewat kategori NSP Creation of The Year. Pada gelaran perdana ini NSP Creation of The Year jatuh kepada Abdul Rasyid Baharuddin, asal Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Penghargaan Khusus

Malam puncak IMA 2021 juga diisi dengan Life Achievement Award bagi insan musik Indonesia yang berpengaruh besar bagi kemajuan musik Indonesia. Di pagelaran ini, terpilihlah nama Glenn Fredly Deviano Latuihamallo sebagai tokoh musik Indonesia yang paling layak menerima penghargaan ini.

Penghargaan ini diterima oleh sang Istri, Mutia Ayu dan juga kerabat dari mendiang Glenn Fredly.Nama Glenn Fredly terpilih karena kiprahnya sebagai musisi dan pencipta lagu yang banyak menciptakan karya berkualitas sehingga menginspirasi banyak orang.

“Di dunia musik tanah air, nama Glenn Fredly menjadi salah satu musisi handal yang sudah mewarnai belantara industri musik Indonesia. Sepanjang karirnya, Glenn banyak melahirkan karya-karya terbaik. Kepeduliannya yang luar biasa terhadap musik Indonesia adalah warisan abadi bagi dunia seni musik tanah air. Semoga Glenn mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Dedi Suherman selaku CEO Melon Indonesia.

Aksi Donasi

Acara penghargaan ini merupakan hasil kerjasama Melon Indonesia melalui layanan musik streaming, Langit Musik dan juga layanan ring back tone, Nada Sambung Pribadi (NSP) dengan RCTI. Pada gelaran ini, tercatat jumlah pemilih hingga tembus angka lebih dari 12 juta voters.

"Luar biasa sekali perayaan malam puncak IMA 2021 ini. Tentu saja ini memberikan energi dan semangat bagi kami Melon Indonesiasebagai bagian dari anak perusahaan Telkom Indonesia melalui layanan Langit Musik dan NSP untuk terus bisa berkiprah di industri musik Indonesia,” ungkap Dedi Suherman.

IMA 2021 ini juga dijadikan momentum untuk berbagi kasih kepada rekan-rekan crew serta para road manager panggung yang penghasilannya terkena dampak pembatasan kegiatan masyarakat selama masa pandemi.

Melalui program #MelonIndonesiaBerbagi memberikan donasi sebesar Rp. 150.000.000 untuk mereka yang berprofesi sebagai crew dan road manager panggung yang dititipkan melalui organisasi Road Manager Indonesia (RMI) yang diwakilkan oleh Abdul Aziz dan Tommy Prasetyadi.

Dan untuk merespon dengan cepat perkembangan peristiwa belakangan ini, #MelonIndonesiaBerbagi juga memberikandonasi sebesar Rp. 150.000.000yang disalurkan Langit Musik melalui MNC Peduli untuk para korban bencana erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur yang terjadi pada Sabtu (4/12) lalu.

What's On Fimela
Loading