Sukses

Entertainment

7 Fakta Tentang Meninggalnya Lata Mangeshkar, Penyanyi Kabhi Khushi Kabhie Gham

Fimela.com, Jakarta Kabar duka datang dari dunia hiburan India. Penyanyi legendaris India Lata Mangeshkar meninggal dunia pada Minggu (6/2/2022). Ia diketahui menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit etelah menjalani perawatan intensif.

Lata sendiri merupakan nama besar di industri musik sekaligus perfilman India. Lata sempat berakting di lebih dari delapan film dari tahun 1942-1948. Dia juga memulai debutnya dengan merekam lagu pertamanya untuk film Marathi Kiti Hasaal (1942), namun lagu tersebut diedit dari potongan akhir film tersebut.

Pada tahun 1945, Lata Mangeshkar meraih kesuksesan pertamanya melalui lagu Aayega Aanewala dari film Mahal yang dibintangi Madhubala. Ia pun langsung berada di puncak popularitasnya. Dia bernyanyi sepanjang tahun 90-an dan beberapa bagian dari abad ke-21 yang menghasilkan lagu-lagu populer.

Diantaranya Yaara seeli seeli (Lekin, 1990), Maaye ni maaye (Hum Aapke Hain Koun!, 1994), Jiya jale (Dil Se, 1998), dan Mere khwabon mein jo aaye (Dilwale Dulhania Le Jayenge, 1994). Dia juga menjadi playback singer untuk film Dil To Pagal Hai, Kabhi Khushi Kabhie Gham, Mohabbatein, dan lainnya.

Berikut adalah beberapa fakta terkait meninggalnya Lata Mangeshkar, sosok yang juga pernah berkolaborasi dengan Raja Dangdut Rhoma Irama.

Covid-19

Penyanyi legendaris ini di usia 92 tahun itu meninggal di Rumah Sakit Mumbai Hospital tempat dia dirawat karena COVID-19 dan pneumonia. Dilansir NDTV, Lata Mangeshkar dibawa ke unit perawatan intensif pada 8 Januari setelah dinyatakan positif COVID-19.

Sempat Membaik

Dari kabar yang beredar, kondisi kesehatan Lata semakin membaik selama beberapa minggu kemudian menjalani perawatan. Namun pada hari Sabtu, pihak rumah sakit mengatakan bahwa Lata Mangeshkar harus memakai alat bantu pernapasan setelah kesehatannya menurun.

28 Hari Berjuang

Dilansir dari CNN, Senin (7/2/2022), Lata berpulang setelah berjuang melawan Covid-19. "Lata meninggal pada 8:12 akibat kegagalan sejumlah organ setelah diagnosis Covid-19 selama 28 hari," demikian pernyataan dokter yang menanganinya, di rumah sakit.

Dimakamkan dengan Penghormatan Negara

Sebagai seorang penyanyi legendaris, Lata Mangeshkar dimakamkan dengan penghormatan negara pada Minggu malam.

Tokoh Terkenal

Proses pemakaman di Taman Shivaji Mumbai tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh terkenal India, yaitu beberapa pejabat tinggi termasuk Perdana Menteri Narendra Modi, Shah Rukh Khan, Sachin Tendulkar, Aamir Khan, Ranbir Kapoor, Shraddha Kapoor, Vidya Balan dan lainnya.

Ucapan Duka Perdana Menteri India

Dalam ucapan dukanya di Twitter Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengatakan, "Lata Didi yang baik dan penuh perhatian telah meninggalkan kita. Ia pergi meninggalkan lubang di negara kita yang tak akan pernah bisa diisi."

"Generasi mendatang akan mengenangnya sebagai sosok yang setia dalam budaya India, yang suara merdunya tak bisa dibandingi dalam membuat orang terkagum-kagum."

Hari Berkabung Nasional

Meninggalnya Lata Mangeshkar juga menjadi Hari Berkabung Nasional India. Selama dua hari, India pun berduka atas meninggalnya sang legenda.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading