Sukses

Entertainment

Cara Ririn Ekawati Ajarkan Anak untuk Berpuasa, Dimulai dari Konsep Sederhana

Fimela.com, Jakarta Artis Ririn Ekawati mulai mengajak putri bungsunya, Cattleya untuk menjalankan ibadah puasa di Ramadan ini. Sebelumnya, dia mengaku sudah mengenalkan ibadah puasa pada si kecil pada tahun lalu. 

"Aku mulai dari konsep sederhana, seperti pentingnya kewajiban berpuasa serta bagaimana caranya menahan rasa lapar, haus, dan emosi," ujar Ririn saat wawancara virtual, Selasa (5/4/2022).

Ririn menyadari setiap anak memiliki tantangan puasa yang berbeda-beda. Seperti sang anak yang bisa menahan lapar, namun tidak bisa untuk tidak minum susu. 

"Jadi, aku mendorong anak-anak untuk mulai berpuasa secara bertahap saja agar mereka tidak merasa berat dalam menjalaninya, toh masih dalam proses belajar juga," ungkap Ririn Ekawati

Meal Plan Sejak Awal

Menurut Ririn, membuat daftar kebutuhan puasa dan Lebaran sebaiknya dilakukan sejak awal agar dapat lebih mudah mengatur waktu di tengah kesibukan selama bulan Ramadan.

Untuk menambah kehangatan, ia pun kerap melibatkan anggota keluarga lainnya dalam merencanakan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Dengan menyusun meal plan dapat membuat anak semakin semangat ketika melaksanakan sahur.

"Aku menyusun meal plan untuk sahur sehingga membuat anak-anak semakin semangat ketika melaksanakan sahur. Menjelang berbuka, aku juga anak dan suami untuk memilih kudapan," ujarnya.

Ajarkan Tradisi

Ririn Ekawati juga kerap mengajarkan tradisi bersama keluarga saat Ramadan tiba. Misalnya, seperti berziarah menjelang Ramadan, serta menunaikan tarawih di masjid terdekat.

Selain itu, Ririn Ekawati juga memperkenalkan makanan khas Ramadan yang dia sukai sejak kecil kepada keluarganya. Tumbuh dan besar di keluarga Sulawesi, Ririn kerap menghidangkan makanan khas daerah sana, seperti es pisang ijo atau palu butung sebagai variasi takjil keluarga saat berbuka. Selain itu, Ririn juga melanjutkan tradisi membuat buras dan Coto Makassar sebagai hidangan khas sambut hari raya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading