Sukses

Entertainment

Andien Unggah Video Nasehat dari Quraish Shihab di Ultah Pernikahan ke-7, Bikin Adem

Fimela.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, Andien merayakan ulang tahun pernikahannya yang ke-7. Menjalani 7 tahun perjalanan berumah tangga, Andien pun mencatatkan banyak hal. Satu yang digaris bawahinya adalah pernikahan sebagai jalan untuk bertumbuh bersama.

"7 tahun perjalanan. Perjalanan yang melibatkan banyak kerjasama, dan kemauan untuk bertumbuh bersama," kata Andien di laman Instagramnya, andienaisyah, belum lama ini.

"Dia punya banyak cerita masa lalunya, aku pun punya segudang hal yang membentuk diriku, pola pikir, dan responku terhadap banyak masalah," ujar Andien melanjutkan.

Tak Pernah Mudah

Menyatukan dua kepala untuk menjadi satu tujuan dalam pernikahan, tentu saja bukan hal yang mudah. Namun, menurut Andien, hal itu bukan berarti tak bisa diselaraskan seiring berjalannya sebuah biduk rumah tangga.

"Pernikahan menyatukan semuanya. Sama sekali nggak mudah tapi sangat mungkin diselaraskan. So here we are, hand in hand working things out together," ucapnya.

Saling mendukung pasangan merupakan jurus jitu yang diterapkan oleh Andien dan pasangannya. "Di tahun ke-7 pernikahan kami. Mendukung satu sama lain, berkolaborasi di banyak sisi, dan bertumbuh melalui berbagai perbedaan yang kita lalui dengan banyak penyesuaian dan penemuan diri," tuturnya.

Kado Spesial

Kepada sang suami, Andien pun mengucapkan selamat atas ulang tahun pernikahan ke-7. Ia juga mengucap terima kasih kepada Najwa Shihab dan ayahnya, Quraish Shihab yang telah memberikan kado spesial di ultah pernikahannya.

"Happy anniversary @cyclonesia .. Thank you for being my safe space, always. Ps: Terimakasih Abi @quraishihab dan Mbak @najwashihab .. Ngobrol-ngobrol kita kemarin adalah kado yang sangat indah untuk kami dan semua pasangan yang ingin “Sehidup Sesurga” ✨Video bisa ditonton di youtube Mbak Nana. Linknya ada di bioku yaaa..," paparnya.

Sebuah Nasehat

Dalam sebuah video yang diunggah oleh Andien, tampak Quraish Shihab yang memberikan nasehat terkait pernikahan kepadanya. Tak hanya kepada Andien, nasehat ini juga bisa dipraktekkan oleh setiap orang yang sedang dalam ikatan pernikahan.

"Nikah itu atinya menyatukan. Menyatukan langkah, menyatukan pikiran, menyatukan perasaan, lalu dalam istilah agamanya adalah zawaj, artinya berpasangan," ucap Quraish Shihab dalam video tersebut.

"Pasangan itu tak harus sama persis. alas kaki saya, berpasangan kaki kiri kanan, tak sama. makanya jangan paksa pasangan anda, untuk sama dengan anda. itu tidak akan berhasil," sambungnya.

Tentang Mawaddah

Dalam sebuah pernikahan, persesuaian akan selalu ada. Karenanya, meskipun telah lama menjalin hubungan sebelum menikah, namun sebuah pasangan akan tetap menjalani penyesuaian satu sama lain. Demikian yang menjadi nasehat Quraish Shihab selanjutnya.

"Tidak otomatis, setelah menikah terjadi persesuaian. Itu yang harus diperjuangkan. Setelah fase persesuaian adalah fase penghangatan. Setelah sesuai harus dihangatkan. Mawaddah itu cinta yang menjadikan kita tak melihat lagi kekurangan pasangan," ujarnya.

"Hidup itu ditandai oleh 3 hal, tahu, gerak, dan rasa. Apa yang anda rasakan, harus dirasakan (pasangan). apa yang anda tahu, jangan sembunyikan. Geraknya harus searah, itu baru namanya sehidup," imbuhnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading