Sukses

Entertainment

Heboh Komika Malaysia Standup Buka Hijab, Status Komedian Jadi Perdebatan

Fimela.com, Jakarta Besar di Amerika Serikat, kultur standup comedy telah makin meluas di berbagai penjuru dunia. Sama halnya seperti Indonesia yang mulai diramaikan para komika, Malaysia juga punya ekosistem komedinya sendiri.

Banyak komika hebat dari Negeri Jiran melambungkan namanya di pentas yang lebih besar lagi. Beberapa di antaraya adalah Prakash Daniel, Luwita Hana dan Dr. Jason Leong.

Namun baru-baru ini muncul video viral yang sempat menghebohkan dunia maya. Seorang 'komedian' perempuan melakukan hal kontroversial saat melakukan open mic, atau panggung terbuka.

Kejadian itu berlangsung di sebuah comedy club di kawasan Taman Tun Dr Ismail, Kuala Lumpur. Sang 'komika' membuat geram banyak orang dengan buka baju di tengah aksinya.

Tuai Kritik

Bernama Siti Amira Natasya, sang penampil datang dengan busana tertutup. Ia juga mengenakan hijab, bercerita jika ia hapal ayat-ayat Al-Quran. 

Namun tiba-tiba ia membuka hijab dan melucuti pakaian, menyisakan dirinya dengan tanktop dan celana pendek. Penonton yang hadir terkejut sampai bingung memberi reaksi. Beberapa memberi tawa, ada juga yang diam dan mencoba menelaah situasi.

Tak ayal tindakan tersebut mendapat kritikan pedas di media sosial. Sang perempuan yang mengaku komedian dicerca karena dinilai menistakan agama Islam. Gelombang amarah dituangkan melalui sejumlah medsos, terutama Twitter.

Klarifikasi

Crackhouse Comedy Club selaku penyelenggara membuat pernyataan atas insiden tersebut. Mereka mem-blacklist sang 'komedian' dari klub tersebut secepatnya setelah kejadian. Pihak klub juga sudah mengajukan tuntutan padanya melalui kepolisian.

"Crackhouse Comedy Club sangat mengutuk tindakan seseorang yang kini viral, melakukan penghinaan terhadap Islam di acara kami," tulis akun @crackhousekl di Instagram.

Status Komedian

Salah seorang pengguna Twitter dari Indonesia juga mengecam tindakan Siti Amira yang merendahkan Islam atas penampilannya. Namun ia juga menyeret komika Indonesia dalam cuitannya.

"Di Malaysia, heboh komika yg caper lepas jilbab di acara stand up comedy. Saking tidak punya materi utk melucu. Mengejar polemik utk dapat engagement. Lebih buruk, dia aslinya memang tidak berjilbab. Beginilah. Menjual konten-konten agama, sama kayak komika di +62," tulis akun Twitter @herricahyadi.

Komika Tanah Air, Mo Sidik mempertanyakan status 'komedian' yang dibahas di cuitan tersebut. Sang pembuat twit mengaku menganggap Siti Amira sebagai komedian karena klaim yang dibuat Siti sendiri di bio Twitternya.

Di sisi lain Ernest Prakasa mempertanyakan komika Indonesia mana yang dimaksud sang netter. Namun pertanyaan itu tak terjawab oleh sang pembuat twit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading