Sukses

Entertainment

Jalani Prosesi Sungkeman dan Siraman, Kaesang Pangarep: Tadi Nangis Bahagia

Fimela.com, Jakarta Hari ini, Kaesang Pangarep melakukan sungkeman dan siraman sebelum menuju pernikahan. Acara tersebut dilaksanakan di kediaman keluarga Joko Widodo, Solo, Jawa Tengah, Jumat, 9 Desember 2022 pagi. 

Acara sungkeman dan siraman Kaesang Pangarep digelar tertutup dari awak media, hanya dihadiri kerabat terdekat. Beberapa menteri juga terlihat hadir seperti menteri luar negeri, Mahfud MD, dan Luhut Panjaitan dengan pakaian senada.

Usai melakukan acara tersebut, Kaesang dan keluarga Jokowi langsung menemui awak media yang sudah menunggu di luar. Kaesang yang terkenal sering bercanda itu bercerita saat melakukan sungkeman dia justru menangis.

"(Saya) bahagia, tadi nangis lah (saat sungkeman). Nangis senang, bahagia, awalnya ibu Iriana dulu yang baru nangis, baru saya. Oh iya, mas Bobby juga ikut nangis," tutur Kaesang Pangarep.

 

Pemohonan Maaf Presiden Jokowi

Di tempat yang sama, Presiden Jokowi memohon doa restu pada masyarakat agar prosesi pernikahan putra sulungnya ini bisa berjalan lancar. Dia juga memohon maaf karena dengan acara pernikahan sang anak mengganggu ketenangan masyarakat, terutama Solo dan Yogyakarta.

"Mohon doa restu pada masyarakat agar profesi selanjutnya yaitu midodareni, ijab kabul dan dilanjutkan tasyakuran semoga bisa berjalan baik. Kami memohon maaf apabila dalam prosesi ini ada masyarakat terganggu kenyamanannya, terutama masyarakat Solo dan Yogyakarta," kata Jokowi. 

Presiden Jokowi sebagai orang tua juga berharap dan mendoakan agar rumah tangga Kaesang dan Erina bisa dilindungi Tuhan,

"Intinya sebagai orang tua, mengharapkan dan mendoakan agar keluarga mas Kaesang dan mba Erina ke depan jadi keluarga sakinah, mawadah, waromah," tutupnya.

 

Siraman Adat Jawa

Siraman sendiri merupakan prosesi penting dalam pernikahan adat jawa. Tiap langkah pada prosesi siraman dimaknai agar para calon pengantin membersihkan diri dan hati sehingga semakin mantap untuk melangsungkan pernikahan esok harinya. Pada upacara yang lebih bersifat intern ini seluruh keluarga besar berkumpul, berbagi suka, memberikan doa restu dan dukungan moral pada sang calon pengantin untuk memasuki fase baru dalam kehidupannya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading