Sukses

Entertainment

Meninggal Dunia di Usia 84 Tahun, Ini 5 Fakta Menarik Aminah Cendrakasih

Fimela.com, Jakarta Kabar duka datang dari dunia hiburan Indonesia, pasalnya Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada 21 Desember 2022. Aktris senior ini dikenal publik melalui perannya sebagai Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Perempuan kelahiran Magelang ini sudah terjun di dunia hiburan Indonesia sejak 1950-an. Bermula ketika ia aktif di sebuah pentas sandiwara pada 1955 sebagai pemain dan penyanyi. Pada tahun yang sama, ia mendapat kesempatan dalam film Oh, Ibuku dan Gadis Tiga Djaman. Setelah itu, ia bermain dalam film Ibu dan Putri, pada film tersebut ia dipercaya sebagai pemeran utama. Sejak itu, Aminah pun banyak membintangi film era 1950-an, 1970-an, dan 1980-an. 

Berkat dedikasinya di dunia akting, Aminah Cendrakasih mendapat Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional pada 1992. Terlepas dari hal tersebut, tidak ada salahnya jika kita sedih membahas fakta-fakta menarik soal Aminah Cendrakasih. Apa saja? Berikut Fimela.com merangkumkannya khusus untuk Anda.

Sang Ibu

Sepeti diketahui, Aminah Cendrakasih merupakan anak dari Husin Nagib dan Wolly Sutinah. Ibunda Aminah merupakan seorang aktris. Bahkan mereka pernah bermain bersama dalam film Gambang Semarang pada 1955.

Film

Aminah sudah bermain dalam 101 judul film sejak ia memulai kariernya pada 1955. Sudah berbagai macam judul film yang ia mainkan, sebut saja seperti Asmara Dara, Oh Ibuku, Betty Bencong Slebor, Bertjinta dalam Gelap, Komedi Laak 88, Persaingan Remaja.

Korban Banjir

Aminah sempat menghebohkan publik karena dirinya jadi korban banjir. Pada 2020, rumahnya di Pinang Griya Permai, Tangerang, Banten terendam air hingga ia harus dievakuasi. Rano Karno pun langsung mengirimkan tim evakuasi ke rumah Aminah.

Glaukoma

Sejak kesehatannya terganggu, Aminah pun tidak eksi di layar kaca. Ia divonis menderita glaukoma sejak lebih dari 10 tahun lalu. Ia pun tidak bisa beraktivitas seperti sedia kala dan terbaring di ranjang.

Akting

Walaupun tidak bisa beaktivitas seperti biasa, namun Aminah tetap semangat untuk berakting. Ia sangat senang ketika harus memerankan Mak Nyak di film Si Doel The Movie pada 2018. Dalam kondisi tersebut, Aminah berakting sambil terbaring di ranjang. Aminah pun kembali muncul di Si Doel The Movie 2.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading