Sukses

Entertainment

Fakta Joey Alexander, Keponakan Nafa Urbach yang Sempat Hebohkan Panggung Grammy

Fimela.com, Jakarta Joey Alexander, sebuah nama asal Indonesia yang sempat menggegerkan kancah musik jazz dunia. Di usia yang saat itu masih remaja, ia sudah memiliki kematangan luar biasa dalam bermusik.

Bayangkan saja, di tahun 2016 ia masuk dalam nominasi Grammy sebagai Improvisasi Jazz Solo Terbaik dan Album Instrumental Jazz Terbaik. Tak hanya itu, ia juga mencatatkan sejarah sebagai musisi termuda yang masuk nominasi Grammy.

Pencapaiannya saat itu benar-benar sulit ditandingi. Para musisi juga mengakui kehebatan Joey Alexander yang dikenal sebagai pianis jenius.

Setelah beberapa tahun berselang, mungkin beberapa orang sudah mulai lupa siapa itu Joey Alexander. Untuk menyegarkan memori, ini beberapa fakta menarik tentang sang pianis 'ajaib' asal Indonesia tersebut.

Keponakan Artis

Joey Alexander lahir dari pasangan Denny Sila dan Farah Leonora Urbach. Artinya ia masih berhubungan dengan artis Nafa Urbach sebagai keponakan.

Nafa saat itu ikut antusias melihat Joey yang meraih perhatian dunia. "Pokoknya senang lah. Joey Alexander bisa berkembang dan membanggakan nama Indonesia," ucapnya dilansir dari Liputan6.com pada 2016 silam.

Talenta Emas

Dengan kemahiran luar biasa sejak usia di bawah 10 tahun, rupanya Joey Alexander belajar piano secara otodidak. Tak ada yang menyangka ketekunannya bermain piano membawanya sampai ke panggung dunia.

Joey pertama kali dibelikan keyboard oleh orang tuanya sejak usia 6 tahun. Sejak itu, ia mulai jatuh hati dengan musik dan sampai kini tak bisa jauh-jauh dari instrumennya.

Momen Konser di Kampung Halaman

Joey Alexander sempat menggelar show perdananya di Indonesia pada 2016 lalu. Saat itu ia disambut ribuan orang, termasuk Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama.

Pada September 2022 lalu, enam tahun berselang, Joey akhirnya kembali menggelar konser berikutnya di Tanah Air. Ia kini berusia 19 tahun, bikin pangling karena sudah makin tinggi dan dewasa. 

Main di Depan Obama

Sepanjang kiprahnya Joey telah bermain di depan para petinggi di Amerika. Ia pernah ditunuk untuk tampil di hadapan Barack Obama hingga Bill Clinton.

Kiprahnya juga di-notice oleh Herbie Hancock, salah satu musikus jazz legendaris Amerika Serikat. Bahkan ia sempat diajak Herbie untuk tur di beberapa tempat, dan berbagi panggung bersama.

Masih Aktif

Beberapa tahun setelah masa-masa keemasan penuh sorotan, Joey Alexander kini menikmati kariernya dengan lebih tenang. Ia masih aktif bermusik di Negeri Paman Sam, membuat karya-karya baru, hingga menggelar show keliling.

Mungkin ia sudah tak lagi dapat julukan pianis jenius termuda, tapi ia terus mengasah musikalitasnya. Joey Alexander akan terus melakukan hal yang ia cintai tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Dimitriou's Jazz Alley (@jazzalley)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading