Sukses

Entertainment

Sedot Ribuan Penonton, Podfest Sukses Jadi Pionir Festival Live Podcast di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Akhir pekan lalu sebuah gebrakan dilakukan BOSS CREATOR dan Spotify menggelar festival live podcast perdana bertajuk PODFEST. Animo tinggi penggemar podcast terlihat dari 2000 lebih tiket yang terjual habis untuk merasakan pengalaman unik tersebut. 

PODFEST adalah kesempatan perdana dan terbesar bagi para podcaster, musisi, dan public figure untuk berkolaborasi dan berinteraksi bersama para pendengarnya tanpa batasan jarak. Acara yang diadakan pada Sabtu, 3 Juni 2023 di Mbloc Space, Blom M Jakarta Selatan ini menghadirkan para kreator Spotify Original & Exclusive Podcast dan kreator podcast lainnya pada tiga panggung “tongkrongan” yang semarak namun akrab. 

“Acara seperti ini belum pernah ada sebelumnya, menyatukan para podcaster dalam sebuah festival yang cair,” ujar Program Director BOSS CREATOR Kiki Aulia Ucup. CEO Podkesmas Asia, menuturkan event ini bertujuan menghibur dan menyatukan para pecinta podcast dengan pelakunya.

“(Acara ini ingin) Mengumpulkan para podcaster yang selama pandemi berkembang masing-masing tanpa pernah bertemu. Bisa dikatakan bahwa 2019 adalah awal podcast mulai didengarkan dan diterima oleh masyarakat Indonesia, dan akhirnya terwujudlah di Juni 2023 ini mereka berkumpul untuk menghibur masyarakat podcast," jelasnya.

 

Kata Para Kreator Podcast

PODFEST disambut antusias pula oleh para kreator podcast. Kegiatan ini memberikan kesempatan untuk berinteraksi secara hangat bersama kreator maupun pendengar. Punggawa podcast sekaligus entertainer kenamaan Reza Chandika (Rapot) membanggakan Musik Masa Kecil sebagai tema penampilan kelompok podcast yang digawangi oleh dirinya, Radhini, Anka, dan Abigail sore itu, di mana mereka mengajak para pemirsa untuk terlibat dalam penampilan dengan menggambar sosok keempat podcaster yang masing-masing mengenakan kostum jenaka sesuai tema — mulai dari Britney Spears, Michael Jackson, legenda pop Indonesia Farid Hardja, dan sebuah gitar.

Sementara itu Ryo Wicaksono (BKR Brothers) ingin terus mempertahankan kedekatan dengan pendengar “seperti teman nongkrong, karena yang kita ceritakan sebenarnya hal-hal sehari-hari, pengalaman pribadi. Itu yang membuat pendengar setia dan merasa dekat dengan kita.” Anka dan Radhini (Rapot) sepakat, menekankan pentingnya peran pendengar dalam proses produksi podcast di mana seringkali ide topik perbincangan dalam sebuah episode podcast didapatkan dari para pendengar langsung.

PODFEST edisi perdana sukses jadi gebrakan. Angga Nggok berharap event ini menjadi pemantik untuk menggerakkan aktivitas podcast Tanah Air. “Semoga acara ini menggeliatkan dunia dan ekosistem podcast. Untuk mereka yang ingin namun ragu untuk bikin podcast, bikin aja. Gue pengen teman-teman yang ada di sini semakin percaya pada dunia podcast, nggak putus komitmen dan konsistensinya,” ujarnya.

 

Keseruan Mendatang

Masyarakat podcast Indonesia tentunya akan terus terhibur dengan adanya kampanye khusus genre podcast komedi selama sebulan penuh, #LucuTerusdiSpotify. Sebagai bagian dari kampanye ini, selama sebulan penuh pendengar bisa menikmati episode khusus komedi dari para podcasters dan lagu-lagu sesuai mood secara gratis di playlist Lucu Terus.

Salah satu konten menarik yang bisa dinanti akhir Juni ini adalah kolaborasi antara dua podcast favorit Rapot dan BKR Brothers. “Kami akan berkolaborasi dalam bentuk visual, akan ada empat episode yang disebar di kedua podcast kami,” kata Reza Chandika.

Saat ditanya tentang masa depan podcast Indonesia, Kiki Aulia Ucup membayangkan berbagai hal baru, unik, dan eksperimental yang bisa diwujudkan oleh para kreator. “Masih sangat banyak dan luas potensinya,” ujarnya. Nggak sabar untuk menikmati kolaborasi, inovasi, dan ide-ide baru dari para kreator kebanggaan? Ikuti terus update terbaru dari para podcasters, BOSS Creator, dan Spotify untuk informasi terbaru seputar podcast-podcast favoritmu!

Bagi yang kelewatan keseruan para podcasters di acara PODFEST minggu lalu, beberapa sesi live podcast akan segera tersedia dan dapat ditonton melalui laman profil masing-masing kreator di Spotify selama bulan Juni ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading