Sukses

Entertainment

Melly Goeslaw Ciptakan Lagu Berbahasa Sunda Sebagai Dedikasi untuk Tanah Kelahiran

Fimela.com, Jakarta Reputasi Melly Goeslaw sebagai pencipta lagu tak perlu diragukan lagi. Sejumlah tembang hits, baik yang ia nyanyikan secara langsung maupun dibawakan oleh penyanyi lain masih kerap dinikmati oleh penikmat musik. Ternyata, karir mentereng Melly Goeslaw sebagai musisi masih dianggapnya kurang lengkap.

Bukan lagi soal konser megah atau menembus kancah internasional, istri dari Anto Hoed itu merasa harus punya kontribusi untuk tanah Pasundan, tempat dimana dirinya lahir dan tumbuh besar. Maka dari itu, perempuan 49 tahun pun akhirnya merilis satu lagu berbahasa Sunda berjudul Kaleum Aya Urang sebagai dedikasi untuk tanah kelahirannya.

"Cara saya berterima kasih itu biasanya dengan lagu. Ada lagu bunda untuk ibu saya, ada lagu Papa juga untuk papa, ada lagu Terima Kasih Guru yang saya dedikasikan untuk guru-guru saya. Dan untuj bandung, tanah sunda, saya bikin lagu ini," kata Melly Goeslaw saat konferensi pers di studionya, kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Sabtu (24/6/2023).

Rangkum Banyak Unsur Soal Bandung

Lebih lanjut, Melly mengatakan jika ide untuk menciptakan lagu berbahasa Sunda bermula dari momen reuni kecil-kecilan yang dilakukan bersama teman-teman sekolahnya. Hasil dari napak tilas mengenang masa lalunya di Bandung akhirnya dituangkan Melly Goeslaw dalam sebuah lagu yang kental unsur nuansa tradisional.

Jadi liriknya tentang ajakan orang-orang Sunda untuk pede membanggakan kreativitas. Makanan-makanan Sunda itu masuk dalam lirik, aku juga memasukkan nama-nama tempat aku dulu kongkow sama temen-temen, ada Dago Cicadas, Kosambi sama Cihampelas. Ya message-nya ringan," bebernya.

"Ini lagu terenteng yang pernah aku ciptakan, tapi mengandung pesan yang bener-bener dari lubuk hati saya, wujud bakti saya sama tanah Sunda," sambung Melly kemudian.

Libatkan Musisi Tradisional

Sementara itu, dari sisi penggarapan musiknya, Melly Goeslaw juga turut melibatkan sejumlah musisi tradisional dari Sunda untuk melengkapi kerangka musik yang dibuat oleh Ale, putra sulungnya.

Menjadi lagu pertama yang ia buat dalam Bahasa Sunda selama 28 tahun berkarir, Melly Goeslaw hanya menyisipkan harapan sederhana. Tercipta untuk membuktikan dedikasinya sebagai warga Bandung, Melly Goeslaw cuma ingin lagu Kaleum Aya Urang bisa menjadi sajian menghibur untuk penikmat musik.

"Ini lagu Sunda pertama yang saya buat. Khayalan ke depannya nggak ada, yang penting saya udh pernah buat karya yang saya dedikasikan untuk tanah Sunda, ke depannya kan unpredictable. Mudah-mudahan busa menghibur, menyenangkan buat semua, kalau ini booming dan orang suka dan ada pernintaan lagi, kenapa nggak bikin lagi yang bahasa Sunda," pungkasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading