Sukses

Entertainment

Beri Kebebasan pada Anak, Begini Gaya Parenting Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan yang Bisa Ditiru

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua punya cara tersendiri dalam mendidik anak. Tak ada istilah benar atau salah, gaya parenting setiap pasangan tentu menyesuaikan dengan karakter masing-masing anak. Hal itu pula yang diterapkan pasangan Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan pada anaknya, Salma Jihane.

Atiqah Hasiholan mengatakan jika ia dan sang suami sepakat untuk mengutamakan kebebasan anaknya dalam berekspresi. Menurutnya, hal itu penting untuk mengembangkan sisi emosial sang putri terhadap hal-hal yang digemari.

"Parentingnya aku sama Rio, mengutamakan kebebasan anak untuk menyampaikan pikiran, berekspresi. Kita mikirin kebutuhan anak baik, emosional berkembang, daripada kebutuhan kita dengan anak," ungkap Atiqah Hasiholan di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Tetap Diawasi

Meski memberikan kebebasan, namun Atiqah mengaku tak sampai membiarkan sang putri melakukan apapun yang diinginkan. Sebagai orangtua, ia merasa tetap bertanggung jawab untuk mengawasi dan memberi teguran jika sang anak dianggap melakukan hal yang salah.

"Pasti kita awasi juga, mana yang harus kita tegur. Fokus bagaimana kita biarkan dengan sendirinya hingga akhirnya berkembang," bebernya.

Melihat Minat Anaknya

Sebagai contoh, Atiqah Hasiholan membebaskan Salma untuk melakukan aktivitas sesuai dengan keinginan. Sempat tertarik untuk berlatih balet, belakangan Atiqah menyebut jika sang putri mulai bosan dan beralih ke bidang lainnya.

"Jadi kita kenalkan ke dunia seni itu dari kecil, kalau mau tekuni,ngimana anaknya nanti toh aku lihat anakku lebih minat yang mana, mana yang dia tekuni, berbakat. Justru balet lagi rada kurang sih, kemarin di lesin, katanya nggak mau. Pada berjalannya waktu, dia dapet melukis, kita memberikan Salma kegiatan menggambar," pungkasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading