Sukses

Entertainment

Bukan Darah Biru, 12 Artis Dapat Gelar Bangsawan dari Keraton Dalam Negeri dan Kerajaan Luar Negeri

Fimela.com, Jakarta Tak banyak orang yang bisa mendapatkan gelar bangsawan dari sebuah keraton atau kerajaan. Namun, beberapa artis ini pernah mendapatkan gelar dari keraton atau kerajaan baik dalam maupun luar negeri.

Gelar bangsawan ini biasanya diberikan kepada orang-orang yang dianggap berjasa atau memiliki hubungan dekat dengan keraton. Ada pula yang memiliki gelar bangsawan tersebut semenjak ia menikah dengan keluarga keraton.

Beberapa nama artis ini pun menyandang gelar yang tak sembarang bisa didapatkan. Siapa saja mereka? Berikut beberapa faktanya dihimpun dari berbagai sumber.

Nadine Chandrawinata

Nadine Chandrawinata merupakan salah satu artis yang mendapatkan gelar bangsawan dari Keraton. Ia mendapatkan gelar Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Diah Kusumaningrum dari Keraton Surakarta.

Julia Perez

Mendiang Julia Perez juga pernah mendapatkan gelar Nyi Mas Ayu Tumenggung oleh Keraton Surakarta Hadiningrat pada 7 Juli 2010.

Syahrini

Keraton Surakarta Hadiningrat juga memberikan gelar Kanjeng Mas Ayu kepada Syahrini. Pemberian gelar itu berlangsung di Bangsal Kansetanan, Keraton Solo, 8 Juli 2010. Upacara penganugerahan gelar itu dipimpin langsung oleh Pengageng Sasana Pustaka, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Puger.

Maia Estianty

Maia Estianty juga mendapatkan gelar dari Keraton Surakarta. Ibunda Al, El, dan Dul itu menyandang gelar Kanjeng Mas Ayu (KRMay).

Reisa Broto Asmoro

Reisa Kartikasari menyandang gelar Kanjeng Mas Ayu Tumenggung setelah menikah menikah dengan Kanjeng Tedjodiningrat Broto Asmoro pada tanggal 9 November 2012. Ia pun menyematkan nama sang suami di belakang namanya menjadi Reisa Broto Asmoro. Atas pernikahan tersebut, namanya menjadi Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Reisa Kartikasari Broto Asmoro.

Manohara Odelia Pinot

Manohara Odelia Pinot mendapatkan gelar bangsawan dari Keraton Surakarta. Manohara Odelia Pinot mendapatkan gelar Kanjeng Mas Ayu lantaran ketegaran hatinya.

Judika

Judika juga menjadi kalangan artis yang mendapatkan gelar kebangsawanan dari Keraton Surakarta. Judika mendapatkan gelar Kangjeng Raden Harya (KRH) Kencananingrat.

Happy Salma

Pernikahannya dengan bangsawan Ubud, Bali, Tjokorda Bagus Dwi Santana Kerthayasa, menjadikan Happy Salma menyandang gelar baru. Ia yang telah menjadi keluarga kerajaan, dianugerahi gelar bangsawan Jero Wanasari.

Qory Sandioriva

Artis lain yang juga mendapat gelar dari Keraton Surakarta Hadiningrat adalah Putri Indonesia 2009, Qory Sandioriva. Ia mendapat gelar Kanjeng Mas Ayu Qory Mustikaningrum.

Najwa Shihab

Pemberian gelar dilangsungkan pada acara ulang tahun naik tahta ke-4 Paku Buwono XIII Sinuhun Tedjowulan, Sabtu, 3 Juli 2010. Jurnalis Najwa Shihab mendapat gelar Kanjeng Mas Ayu Wartaningrum.

Rossa

Rossa mendapatkan gelar Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Sri Rossa Swara Kaloka dari Keraton Surakarta. Ia mendapat gelar dari Pakoe Boewono XIII Tedjowulan pada 26 Juni 2011. Rossa juga menjadi satu-satunya penyanyi wanita Indonesia yang mendapat gelar Dato Sri dari Kerajaan Pahang, Malaysia.

Poppy Dharsono

Artis senior yang juga politisi, Poppy Dharsono juga mendapatkan gelar dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Gelar bangsawan Kanjeng Raden Ayu Adipati pun ditetapkan untuknya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading