Sukses

Entertainment

Tidak Menyelesaikan Kuliahnya di Jerman, Christian Sugiono: Gua Ga Perlu Ijazah

Fimela.com, Jakarta Artis tampan Christian Sugiono, karirnya sukses pada dunia enetertainment. Bukan hanya itu, dirinya juga kini mempunyai beberapa bisnis mulai dari bidang media hingga penyewaan vila di Bali.

Dibalik semua pencapaian yang sudah Christian raih, ternyata dirinya sempat menjalankan kuliah di Jerman, namun tidak diselesaikan hingga lulus. Hal tersebut disampaikan oleh suami Titi Kamal itu di YouTube Kasisolusi saat bercerita mengenai masa lalunya.

“Gue kuliah di Jerman, gue kuliah IT by the way,” kata Christian.

Tidak Tamat Kuliah

Sudah berhasil menempuh pendidikan pada salah satu sekolah di Jerman, Christian malah memilih untuk tidak menyelesaikan kuliahnya. Artis tampan 42 tahun tersebut menyebut tidak perlu memiliki ijazah, yang penting dirinya sudah mendapatkan ilmu yang di ajarkan oleh lembaga tersebut.

“Gue di Jerman tidak menyelesaikan sekolah gue. Gue gak perlu ijazah, ilmu gue udah dapet,” kata suami Titi Kamal tersebut.

Hal selanjutnya yang membuat Christian ingin memutus sekolahnya yaitu dia merasa bahwa dirinya sudah terlalu lama hidup di Jerman dan ilmu yang di ajarkan pada saat kuliah juga bisa Christian temukan di internet.

“Pertimbangannya saat itu adalah gue udah kelamaan di Jerman. Disana sekolah gratis, beda sama temen-temen yang sekolah di Amerika, dia karena sekolahnya bayar jadi at least 4 tahun harus diselesaikan, kalau ngga kan mahal, di Jerman ga gitu,” ucapnya.

“Sekolah gue, waktu itu gue bisa kerja bikin program, tapi saat gue harus mengikuti kuliah gue, gue mending google, sedangkan kalau di kuliah gue itu paling 2 semester lagi,” tambahnya.

Membuat Perusahaan

Dikarenakan kuliahnya yang tidak diselesaikan dan tidak memiliki ijazah, pada akhirnya Christian tidak bisa bekerja pada suatu perusahaan besar. Tetapi berkat kecerdasannya, dirinya mulai mencoba membuat perusahaan sendiri sedari 2004 silam hingga akhirnya sekarang dirinya memiliki berbagai macam usaha lainnya.

“Gue gak bisa kerja di perusahaan karena gue gak punya ijazah, sehingga gue bikin aja perusahaan sendiri supaya gue bisa kerja di dalamnya,” ucap Christian.

“Dari zaman gue kuliah di Jerman, gue audah membuat perusahaan web desain and development pada tahun 2004 sama parter gue, Aryo,” tambahnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading