Sukses

Entertainment

Dian Sastrowardoyo Kenang Sidang Skripsi, Sebut 'Dosen Killer' Terkenal yang Jadi Penguji

Fimela.com, Jakarta Dian Sastrowardoyo mengenang bagaimana perjuangannya lulus dari jurusan Filsafat Filsafat Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Kala itu sidang skripsi, di mana dirinya harus menghadapi dosen penguji.

Pemeran Dasiyah dalam serial Gadis Kretek itu blak-blakan mengenai hal tersebut kala menjadi bintang tamu di kanal YouTube BEGINU yang diunggah pada 13 Juli 2023. Dian Sastrowardoyo waktu itu mengangkat soal Beauty Industry Complex untuk skripsinya.

"Pas filsafat itu skripsi gue beauty industry complex, jadi gue sambil bergulat dengan masalah eksistensialisme gue, kenapa gue terjebak dengan popularitas ini, bicara soal post-modernism," ungkap Dian Sastrowardoyo.

Sosok Dosen Penguji yang Killer

Uniknya, dalam tema skripsinya Dian malah mengkritik profesi yang digelutinya sendiri secara tak langsung. Karena hal itu, Dian mengakui bahwa skripsinya tersebut seperti senjata makan tuan.

"Tapi dengan gue membuat skripsi yang mengkritik profesi gue sendiri, jadi kayak senjata makan tuan," kata Dian.

Terlebih ketika Dian mengungkap sosok salah satu dosen penguji yang sekarang ini namanya begitu dikenal publik sebagai komentator politik, filsuf, akademikus, dan intelektual publik Indonesia.

"Itu di sidang gue, gue dihabisin sama dosen gue tuh itu, Rocky Gerung tuh killer tuh," ucapnya.

Tak Mau Menyerah

Sebagaimana diketahui, Rocky Gerung dikenal sebagai sosok yang sangat kritis. Tak heran ketika ia mencecar Dian Sastrowardoyo sedemikian rupa. Namun, Dian yang merasa terpojok tak mau menyerah dengan skripsinya.

Dian pun berusaha menjawab pertanyaan dari pengujinya atas skripsinya. "Terus gue meliberasi diri gue,'justru pak, karena saya ada di lingkungan ini dan saya punya pisau analisa yang tajam mengenai ini," ujarnya.

"Saya jadi bisa membebaskan diri saya sebagai objek dan saya bisa meliberasi diri saya sebagai subjek'," tutur Dian Sastrowardoyo mengenang satu fase dalam hidupnya tersebut.

Pujian

Sementara itu, pada kesempatan lain, Rocky Gerung ternyata pernah memberikan pujiannya kepada Dian Sastrowardoyo. Tak hanya dikenal sebagai artis yang cantik, namun Rocky menyatakan bahwa Dian adalah seorang yang cerdas.

"Dia memang anaknya pintar. Dia menulis Fashion and Philosophy," kata Rocky Gerung dalam salah satu tayangan acara Alvin & Friends, beberapa waktu silam.

Menurutnya, Dian melakukan penelitian yang terbilang tidak mudah. Pemeran film AADC itu harus menggunakan beberapa teori yang dianggap Rocky cukup berat. "Itu berat, karena ada teori Post Postmodernism dan segala macam," sambungnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading