Sukses

Entertainment

Tak Hanya Ivan Gunawan! Sederet Artis Ini Juga Kena Tegur KPI, Ada yang Sampai Jobless 6 Tahun

Fimela.com, Jakarta Ivan Gunawan memiliki gaya penampilan yang berbeda dengan beberapa artis pria lain. Sosok desainer terkenal di Indonesia ini kerap menuai perhatian publik. Sampai pada satu momen, penampilannya dianggap melanggar etika dan norma yang berlaku di masyarakat.

Desainer berusia 42 tahun yang akrab disapa Igun ini dianggap melanggar sebagaimana yang termaktub dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tahun 2012.

Teguran tertulis pertama atas siaran program Brownis di sebuah stasiun TV swasta. Ivan disebut menampilkan adegan dan mengenakan pakaian yang kewanitaan atau mengarah pada penormalan laki-laki bergaya perempuan.

Surat teguran tertulis yang dimaksud dibagikan di akun Instagram KPI Pusat, Rabu, 3 Januari 2024. Atas teguran itu, Ivan Gunawan justru memberikan opininya. Gaya berbusananya merupakan tren fashion era 60-an.

Ivan Gunawan memang tak sendiri. Beberapa artis pernah mendapatkan teguran yang sama, bahkan ada yang sampai 'dilarang' untuk tampil di televisi oleh KPI. Ada pula yang akhirnya jobless. Lalu siapa saja mereka? Mari kita simak.

Ruben Onsu

Ivan Gunawan ternyata bukan yang pertama kali berurusan dengan KPI. Ia yang bersama Ruben Onsu membawakan acara reality show Super Seleb Show, mendapatkan teguran oleh KPI pada April 2008. Lelucon mereka dinilai kasar ketika membawakan acaranya.

"Format acara Super Seleb Show masih banyak mengandung lelucon-lelucon kasar dalam dialog antara pembawa acara dan komentator," demikian petikan surat peringatan KPI Nomor 179/K/KPI/04/08.

Aming

Pada 2016 lalu, KPI pernah menegur acara 'Obsesi' yang menampilkan adegan ciuman bibir antara Aming dan istrinya kala itu. KPI menyebut bahwa adegan tersebut tidak sesuai dengan norma kesopanan dan kesusilaan yang berlaku di kehidupan masyarakat Indonesia.

KPI juga pernah mengeluarkan pernyataan yang ditujukan kepada semua stasiun televisi nasional agar mengurangi tayangan yang diisi oleh peran banci dalam program apapun. Ketika itu, Aming pun angkat bicara.

Raffi Ahmad

Tak hanya dari KPI saja, namun Raffi Ahmad juga pernah mendapat teguran dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Teguran tersebut terkait dalam salah satu program sahur yang diisi oleh suami Nagita Slavina tersebut.

Raffi Ahmad mendapat teguran dari KPI dan MUI karena aksinya yang mencium tangan Zaskia Gotik yang dianggap oleh masyarakat terlalu berlebihan.

Rina Nose

Tak secara langsung kepada Rina Nose, namun kepada acara yang dipandu oleh Rina yang pernah mendapat teguran dari KPI. Pada acara tersebut, pihak KPI menyayangkan adanya adegan ciuman bibir yang tak layak ditampilkan dalam program tersebut.

Saipul Jamil

Bebasnya Saipul Jamil dari bui karena kasus pencabulan anak dan penyuapan terhadap panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara, sempat mendapat perhatian. Banyak tayangan televisi yang meliput bebasnya pedangdut tersebut.

KPI pun memberikan teguran kepada televisi agar tidak melakukan glorifikasi atas bebasnya Saipul Jamil. KPI juga melarang Saipul Jamil untuk tampil di televisi dalam konteks hiburan.

Tessy

Pelawak bernama Kabul Basuki alias Tessy juga pernah mendapatkan teguran dari KPI karena karakternya yang cukup ikonik sebagai perempuan dengan cincin besar. Personel grup lawak Srimulat tersebut pun langsung meredup kariernya.

Bahkan, karena sudah jobless, Tessy sampai menjual mobil dan rumah karena tak berpenghasilan. "Mobil dijual. Itu enam tahun aku enggak dapat pekerjaan, gara-gara baju perempuan," ucap Tessy, dikutip dari YouTube Maia Al El Dul TV.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading