Sukses

Entertainment

Fakta Menarik Enzo Allie, TNI Tampan yang Ternyata Keturunan Prancis Hingga Mantan Santri

Fimela.com, Jakarta Pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, terutama anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), nama Enzo Allie. Letnan Dua (Letda) TNI ini saat ini sedang bertugas sebagai seorang prajurit infanteri setelah lulus dari Akademi Militer (Akmil) pada bulan Juli 2023.

Saat ini, diketahui bahwa Enzo akan segera memulai pendidikan komando. Informasi ini baru saja diungkapkan oleh pemilik akun TikTok @aingnihh. Menurut penjelasannya, Enzo akan memulai pendidikan komando pada bulan Maret 2024 ini.

Bercita-cita Jadi Taruna Akademi Militer

Siti Hadiati Nahriah, yang merupakan ibu dari Enzo, pernah mengungkapkan bahwa menjadi Taruna Akmil adalah impian kecilnya. Dia juga merasa senang karena anaknya berhasil lolos seleksi.

Kehilangan Sang Ayah

Enzo, seorang kadet di AKMIL, memiliki keturunan Prancis dan kehilangan ayahnya, Jeans Paul Francous Allie, karena serangan jantung di Prancis. Kejadian tersebut membuat Enzo dan ibunya kembali ke Indonesia sebagai anak yatim.

Lulusan dari Pondok Pesantren di Banten

Setelah tinggal di Indonesia sejak tahun 2014, Enzo melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren Al Bayan, yang berada di Anyer, Serang, Banten. Menurut Kepala Sekolah SMA Boarding School Al Bayan, Deden Ramdani, sejak kecil Enzo telah bercita-cita untuk menjadi prajurit TNI yang saleh. Saat guru kimianya mendengar pengakuan itu, dia merasa terharu.

Bisa Berbagai Bahasa Asing

Kemampuan Enzo untuk berbicara dalam empat bahasa menjadi salah satu faktor keberhasilannya dalam lulus di AKMIL. Dia bisa berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, Inggris, Prancis, dan Arab.

Hasil Tes yang Sangat Mengesankan

Dalam uji Samapta, Enzo menunjukkan pencapaian yang luar biasa. Dia berhasil melakukan 19 pull up, 50 sit up, dan 50 push up, semuanya dalam waktu 60 detik. Tidak hanya itu, Enzo juga mengesankan dengan kemampuannya berlari sebanyak 7,5 putaran sepanjang 400 meter atau mencapai jarak 3.000 meter dalam waktu 12 menit. Selain itu, dia juga mampu menyelesaikan renang sejauh 50 meter dalam waktu 60 detik.

Sempat Jadi Taruna Tingkat Satu

Menurut laporan dari akun Instagram @perhumas_akademi_Militer, Enzo memberikan jawaban yang santai dalam Bahasa Prancis ketika diwawancarai oleh Radio Tidar. Saat ini, ia adalah seorang taruna tingkat tiga dengan pangkat Sersan Mayor Taruna di Akademi Militer. Enzo, yang berasal dari Cilegon, Banten, juga menjabat sebagai Komandan Taruna Tingkat Satu di AKMIL. "Komandan taruna tingkat satu," ujar Enzo pada tanggal 18 Juni 2022.

Dekat dengan Ibunya

Enzo memiliki hubungan yang sangat dekat dengan ibunya, Siti Hadiati Nahriah. Bahkan ketika sedang menempuh pendidikan, Enzo selalu meminta restu dan doa dari ibunya, yang pada akhirnya mendukung kesuksesannya dalam menyelesaikan pendidikan Akmil dengan sukses.

Siapa itu Enzo Allie?

Enzo Zenz Allie, seorang keturunan Perancis yang memiliki kewarganegaraan Indonesia, berhasil diterima sebagai calon Taruna Akademi TNI pada tahun 2019. Ayahnya berasal dari Perancis, sedangkan ibunya berasal dari Sumatera Utara. Meskipun dilahirkan di Perancis, Enzo pernah mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar (SD) di negara tersebut.

Apa pangkat Enzo sekarang?

Setelah dilantiknya Enzo Allie, ia secara resmi diangkat menjadi Letnan Dua atau yang biasa disebut Letda. Kepulangannya dari Akademi Militer TNI memicu minat masyarakat untuk mencari tahu lebih banyak tentang latar belakangnya.

Letda Enzo anak siapa?

Ayah Enzo bernama Jean Paul Francois Allie, sedangkan ibunya bernama Siti Hajah Tilaria dari Sumatra Utara. Menurut informasi yang diperoleh dari saluran YouTube TNI AD, Enzo memiliki empat saudara tiri yang tinggal di Indonesia dan Prancis.

Enzo masuk kecabangan apa?

Saat berada di Akmil, Enzo mengikuti pelatihan dasar di bagian (Sarcab) Korps Perhubungan. Tetapi, setelah dilantik, Enzo justru bergabung dengan Korps Infanteri, dan sekarang ia menjabat sebagai Letda Infanteri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading