Sukses

Entertainment

Cerdas dan Membanggakan, Sederet Artis Tanah Air yang Pernah Menjadi Pengajar di Kampus

Fimela.com, Jakarta Di balik popularitasnya yang cemerlang di dunia hiburan, sederet artis ini tetap mengedepankan aspek pendidikan. Tak hanya lulusan dari kampus-kampus ternama, sederet artis ini juga turut berkontribusi membagikan ilmunya kepada generasi muda.

Meski memiliki aktivitas yang super padat di dunia hiburan, namun hal tersebut tak membuat sederet artis ini berhenti menyebarkan ilmunya yang berharga kepada generasi penerus bangsa.

Menjadi sosok yang rendah hati dan inspiratif, sederet artis Tanah Air ini diketahui pernah menjadi dosen tamu di beberapa kampus. Bahkan tak hanya kampus dalam negeri, tetapi juga ada yang di luar negeri. Sahabat Fimela ingin tahu ada siapa saja? Simak di bawah ini.

 

Prilly Latuconsina

Bertahun-tahun berkarir di industri hiburan, pengalaman Prilly tentu sudah banyak. Ia pun tak segan membagikan pengetahuannya kepada mahasiswa yang Prilly ajar. Menjadi sosok yang rendah hati dan tak pelit ilmu, wajar Prilly menjadi panutan banyak orang.

Diketahui Prilly sempat menjadi dosen praktisi di Universitas Gadjah Mada pada mata kuliah "Kajian Selebritas". Di sana, ia banyak memberikan pengalamannya secara teori maupun praktek lapangan mengenai industri kreatif dan film.

Hal menarik dari Prilly, rupanya ia secara inisiatif mendaftarkan diri menjadi dosen praktisi pada program Kemendikbudristek RI yang bernama program "Praktisi Mengajar". Sikap yang sangat mengagumkan dari perempuan muda satu ini, sosoknya sangat menginspiratif, layak disebut Kartini masa kini.

Dian Sastrowardoyo

Selain sibuk menjadi aktris, pemeran 'Gadis Kretek' ini juga kerap menjadi dosen tamu di pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI). Diketahui Dian mengajar mata kuliah "Pengantar Film" pada beberapa jurusan di pendidikan vokasi UI. Selain menjadi pengajar, Dian juga beberapa kali menjadi dosen penguji.

Reza Rahadian

Tak hanya Prilly, Reza juga tergabung dalam program "Praktisi Mengajar" dari Kemendikbudristek. Kali ini aktor papan atas Tanah Air itu mengajar mata kuliah "Pengembangan Diri dan Profesionalisme" di UNJ.

Selain itu, Reza juga sempat menjadi dosen tamu di UI. Kala itu, ia mengajar pada mata kuliah "Olah Suara dan Penyajian" di pendidikan vokasi.

Maia Estianty

Memiliki almamater Universitas Indonesia pada jurusan ilmu komunikasi. Maia sebagai alumnus, turut memberikan kontribusinya dalam bentuk mengajar. Diketahui, ia pernah menjadi dosen tamu untuk mata kuliah "Kepemimpinan dan Pengembangan Kelompok" di jurusan komunikasi.

Raditya Dika

Selain Maia Estianty, Raditya juga turut berkontribusi sebagai alumnus FISIP UI. Terlihat dia pernah menjadi dosen tamu di FISIP. Diketahui, Raditya mengajar mata kuliah "Konten Audio" di pendidikan vokasi UI untuk jurusan produksi media.

Kris Dayanti

Berikutnya ada Kris Dayanti, ia juga pernah menjadi dosen tamu. Kala itu, ia diundang menjadi dosen di Universitas Brawijaya pada tahun 2022 lalu. Diketahui, ia mengajar mata kuliah umum "Dasar-dasar Ilmu Pemerintahan dan Fungsi Parlemen", yang mana juga sejalan dengan pekerjaannya sekarang yakni anggota Komisi IX DPR RI.

Desy Ratnasari

Selanjutnya ada artis senior, Desy Ratnasari. Menjadi alumnus psikologi Universitas Atma Jaya, Desy pun  turut berkontribusi pada fakultas yang pernah ia naungi tersebut.

Diketahui, Desy Ratnasari sempat menjadi dosen psikologi di Universitas Atma Jaya selama 4 tahun. Hingga akhirnya, ia beralih setelah terpilih menjadi anggota DPR RI Fraksi Jawa Barat IV.

Ikke Nurjanah

Berikutnya ada Ikke Nurjanah, diketahui ia pernah diundang menjadi dosen tamu di luar negeri. Tepatnya di Universitas Pittsburgh, Amerika Serikat. Di sana ia mengajar mahasiswa jurusan Departemen Musik Etnik. Pada saat itu, Ikke mengenalkan budaya, sejarah, dan perkembangan musik dangdut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading