KAPANLAGI NETWORK
MORE

Penuturan Designer Hijab Hana Tajima Tentang Islam, Fashion dan Kolaborasinya dengan UNIQLO

Senin, 19 Juni 2017 14:55 Oleh: Stanley Dirgapradja

Perkembangan modestwear atau fashion hijab beberapa tahun terakhir membuat industri ini berkembang pesat. Deretan retail raksasa, tak mau ketinggalan momen ini.

Hana Tajima for UNIQLO Fall Winter 2017

Sosok Hana Tajima mencuat ke permukaan sebagai blogger berkebangsaan Inggris yang melakukan kolaborasi dengan retailer terkenal UNIQLO, menghasilkan koleksi modest wear yang begitu populer selama dua tahun terakhir. Tak hanya populer, koleksi Hana Tajima untuk UNIQLO ini pun begitu versatile, bisa dipakai dengan atau tanpa kerudung (hijab).

Simak hasil wawancara FIMELA dengan blogger fashion muda ini, yang berhasil diwujudkan oleh UNIQLO Indonesia sembari kita mengupas estetika yang ditawarkan koleksi fall winter 2017 terbarunya bersama UNIQLO.

 

Bagaimana arah trend hijab/modest wear di era modern ini ?

Hana: Saya melihat bahwa tidak semua perempuan muslim menginginkan gaya berpakaian yang sama. Gaya berpakaian hijab/modest wear kini mendapat pengaruh beragam, mulai dari sportswear hingga street wear, hingga pakaian malam yang sangat mewah. Kemudian banyak juga gaya yang sangat berbeda dengan gaya fashion kebanyakan, dimana gaya yang bersahaja ini merupakan jawaban terhadap gaya berpakaian yang tidak ingin terlalu menonjolkan bentuk tubuh.

 

Mengenai kolaborasimu dengan UNIQLO, apa yang membuatmu ingin melakukan kolaborasi tersebut ?

Hana: UNIQLO adalah partner kerja yang luar biasa dalam kolaborasi ini. Saya diberikan kebebasan penuh dalam hal desain dan saat yang sama, mereka benar-benar berusaha mengerti apa yang diinginkan oleh pemakai koleksi seperti ini. Kami telah berhasil menemukan arah desain yang sangat universal dan dapat dkenakan oleh semua perempuan. Saya sangat menghormati orang-orang yang telah bekerja sama dengan saya, dan saya dapat melihat bahwa mereka sangat mendukung proyek ini.

 

Apa konsep untuk koleksi Musim Gugur/Musim Dingin 2017 ini ?

Hana: Saya menghabiskan waktu mencoba teknik “draping” dan melihat bagaimana hasil dan bentuknya menjadi sangat alami dan sculptural. Saya terpesona melihat bagaimana bentuk-bentuk ini membungkus tubuh, dengan siluet yang lembut dan menonjolkan tekstur bahan. Kali ini memang semuanya tentang tekstur dan bentuk (Koleksi ini dirilis tengah tahun dan bersamaan dengan Ramadhan juga Idul Fitri, bisa dilirik untuk melengkapi outfit Lebaran, nih).

 

Dalam gambaran kami, sosok Hana Tajima adalah pemakai hijab yang bergaya bohemian chic karena berasal dari beragam latar belakang. Namun, image tersebut tampaknya bertolak belakang dengan garis rancangan kolaborasi Anda dengan UNIQLO yang “bersih” . Apakah kita akan bisa melihat gaya yang lebih cerah dan berbeda pada koleksi selanjutnya ?

Hana: Pengaruh latar belakang saya selalu tampak dalam setiap hasil desain saya, namun saya ingin menyederhanakannya sedemikian rupa hingga mendapatkan akarnya. Saya menyukai banyak warna, itu cukup mewakili latar belakang saya yang juga beragam, dan pemilihan warna yang saya lakukan memberikan arti yang berbeda pada kesederhanaan.

 

Apa garis penghubung antara fashion, perempuan dan Islam pada era modern ini ?

Hana: Saya rasa garis penghubungnya adalah ekspresi diri. Perempuan muslim tidak ada yang sama. Banyak pengaruh budaya di belakangnya, dan Islam sangat mengerti tentang hal ini. Kita merayakan perbedaan dan interpretasi tentang kecantikan yang berbeda itu dalam Islam.

 

Apakah gaya personalmu menpengaruhi desainmu selama ini ?

Hana: Tentu saja gaya personal saya mempengaruhi desain yang saya buat, tetapi kecintaan saya akan prosesnyalah yang mempengaruhi hasil akhirnya. Pada intinya, bagaimana rasa baju tersebut menempel pada tubuh dan apa yang dirasakan oleh pemakainya. Semuanya harus terhubung menjadi satu dan membuat pemakainya merasa cantik.

 

Modest/bersahaja, apakah harus menjadi cara berpakaian atau menjadi gaya hidup?

Hana: Cara kita berpakaian selalu mengacu kepada diri kita masing-masing. Sangat sulit untuk memisahkan kedua poin tersebut, apalagi jika keduanya saling berhubungan. Jika kita berpakaian dengan gaya tertentu, biasanya hal tersebut penting untuk kita, dan merupakan ekspresi dari satu hal yang kita yakini.

 

Apakah koleksi Hana Tajima yang akan datang akan senada dengan koleksi sebelumnya (merupakan kelanjutan atau interpretasi lebih jauh ) atau lebih suka menciptakan koleksi yang berbeda dan membuatnya terpisah dari sebelumnya ?

Hana: Selalu ada benang merahnya, tetapi setiap musim tetap memberikan perasaan yang berbeda. Saya sangat menikmati proses awal mendesain mulai dari kertas kosong, tetapi masih tetap menyisakan ide yang saya ingin kembangkan lebih lanjut, dengan begitu kita akan tetap bisa melihat kesinambungan dari semua koleksi ini.

 

Menurut pendapatmu, kemanakah arah gaya modest di era modern ini?

Hana: Seperti yang saya ungkapkan sebelumnya, masih banyak ruang terbuka bagi para desainer untuk mengembangkan nilai artistiknya. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menemukan sesuatu yang otentik, walaupun akan sangat berbeda dengan apa yang dibuat oleh orang lain.

BACA JUGA: Lihat koleksi Fall Winter 2017 Hana Tajima x UNIQLO selengkapnya di sini.

 

 

Komentar Anda
Keep going