Sukses

Fashion

3000 Tangan Perempuan untuk Sebutir Mutiara

Jakarta
Tidak seperti berlian, mutiara merupakan satu-satunya perhiasan yang dihasilkan oleh makhluk hidup, yang bisa bertahan dalam waktu lama serta dikembangbiakan secara natural tapi, tentunya dengan sedikit sentuhan manusia serta teknologi.

Dalam jangka pembiakan selama empat tahun tersebut, mutiara dari ATLAS Pearls and Perfumes melewati berbagai proses untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Dan dalam rentang waktu tersebut, nggak kurang dari 3000 tangan manusia (terutama perempuan) memiliki andil untuk sebutir mutiara nan sempurna. ATLAS Pearls and Perfume yang didirikan sejak tahun 1992, merupakan pemimpin terdepan di dunia pembiakan mutiara putih dan silver Laut Selatan dari kerang Pinctada maxima. Memiliki lima lokasi budidaya mutiara yang terbentang di Laut Selatan sampai Papua Barat. Peternakan mutiara yang terbesar berada di Utara Bali.


Beberapa waktu lalu, dengan undangan Conrad Bali dan ATLAS, saya beruntung mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung bagaimana proses budidaya mutiara. Menempuh perjalanan darat yang memakan waktu sekitar 3,5 jam, dari Nusa Dua ke daerah Singaraja, Bali Utara, tempat peternakan mutiara milik ATLAS. Di sini, mulai dari pembiakan larva, pembuahan, anakan kerang, hingga menjadi kerang yang menghasilkan mutiara, ATLAS melibatkan banyak warga lokal yang sebagian besar perempuan. Pekerjaan sebagai teknisi mutiara memerlukan kelembutan serta keluwesan yang biasanya dimiliki oleh kaum perempuan. Makanya, 100 persen dari teknisi mutiara ATLAS adalah peremuan. Bisa dibilang, mutiara ATLAS, dari perempuan untuk perempuan.


Proses menakjubkan tersebut, disuguhkan dalam bentuk pameran foto, video instalasi; "Perempuan di Balik Mutiara" yang di gelar di Living Lobby Art, Conrad Bali. Berlangsung dari 1 Oktober 2015 sampai 10 Januari 2016, pameran ini bisa membuka wawasan kita tentang kehidupan perempuan pembiak mutiara serta mutiara itu sendiri. Dan seperti saya, kamu bisa lebih mengapresiasi mutiara, Fimelova!


Berminat untuk menyaksikan langsung pameran tersebut? Segera book kamar di Conrad Bali, resor mewah nan nyaman yang terletak di depan pantai selatan Bali. Liburan sambil memperluas wawasan!

 






Artikel Selanjutnya
Pilihan Tempat Menginap yang Strategis saat Berlibur ke Pulau Dewata
Artikel Selanjutnya
LFW: Birm Hat Jadi Aksesori Andalan Para Bintang Street Style di London Fashion Week
: