Sukses

Fashion

Buongiorno, Koleksi Busana Ramadan Penuh Semangat dan Bernuansa Eropa dari Ivan Gunawan

Fimela.com, Jakarta Buorgiorno menjadi kalimat sapaan yang akan paling sering kamu dengar ketika berkunjung ke Italia, terutama di pagi hari. Hal inilah yang dirasakan Ivan Gunawan dan ia menyadari adanya semangat tersendiri dari kata tersebut. Sehingga Ivan Gunawan terinspirasi untuk menjadikannya sebagai koleksi busana untuk ramadan 2020.

Memiliki artian "Selamat Pagi", Ivan Gunawan ingin menyematkan semangat untuk menjalani aktivitas sepanjang hari ke dalam dua merek fashionnya, yakni Mandjha Hijab dan Khalif Menswear. Dikawinkannya dua merek ini menghasilkan perpaduan koleksi busana antara laki-laki dan perempuan. Sehingga bisa memberikan penampilan yang serasi di hari raya.

Berbeda dari koleksi busana ramadan yang identik mengambil esensi Timur Tengah, Ivan Gunawan justru mengambil seni Eropa sebagai motif utama. Baginya, Eropa memiliki banyak aspek yang bisa dijadikan sebagai inspirasi, seperti bangunan, pemandangan, budaya, hingga seni.

Motif yang didapat dari Eropa ini diterjemahkan ke dalam 87 koleksi busana yang rencananya akan dipamerkan pada 26 Februari 2020. Terdiri dari 57 set koleksi busana perempuan dari Mandjha Hijab dan 30 set koleksi busana laki-laki dari Khalif Menswear by Ivan Gunawan.

"Lebaran itu jarang sekali orang merayakannya di Ballroom. Tapi busana Mandjha bisa digunakan untuk Lebaran Ballroom atau rumah. Dari segi tampilan antara kerudung dan busana bisa matching. Ada kesinambungan motif yang ditampilkan," tutur Ivan Gunawan.

Terinspirasi dari motif arsitektur hingga kesenian Eropa

Ivan Gunawan terpesona dengan kebun lemon yang ada Sorrento dan dijadikan sebagai salah satu motif dari koleksi busananya. Ada juga arabersque printing yang menggambarkan catatan sejarah masuknya Islam ke Italia yang mempengaruhi seni ornamen dengan pola linier terutama di daerah pesisir.

Motif mozaik masih ditampilkan sebagai corak printing pada pakaian maupun scarf Mandjha Hijab. Motif mozaik kali ini terinspirasi ketika membawa sonera Giacomo Da Lentini.

Ivan Gunawan menggunakan beberapa bahan yang justru sederhana, namun tetap memiliki kesan cantik untuk digunakan di hari raya. Seperti penggunaan bahan knit yang nyaman namun tetap cantik dan bisa digunakan untuk cuaca panas maupun sejuk.

Selain knit, Ivan Gunawan juga mengaplikasikan motif cetaknya pada jeans, katun, renda, pleats, dan bahan polos yang senada. Potongan yang dihadirkan pun agak sedikit berbeda dengan celana panjang lebar dengan garis pinggang tinggi, outer panjang, dan blus.

Sementara pada gamis dibuat dengan potongan A-line dengan warna-warna pastel. Ivan Gunawan pun mengakomodir kebutuhan ibu menyusui dengan mengaplikasikan ritsleting tengah pada beberapa dress.

Pada koleksi busana Khalif Menswear by Ivan Gunawan, dibuat beberapa potongan modest, seperti celana palazzo dengan jaket, outer oversized, down jacket, serta jumper dengan capuchon ringan, celana chino yang bisa dipadukan dengan kemeja preepy.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading