Sukses

Fashion

16 Perancang Busana Tampilkan Karyanya di Gala Show Nusantara Fashion Festival 2020

Fimela.com, Jakarta Usai sukses menghadirkan 59 kolaborator pada malam pertama virtual fashion show pertama dan terbesar di Indonesia, Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 mempersembahkan karya-karya dari 16 perancang busana Indonesia pada Senin (17/8/20), bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-75. 

Keenam belas perancang busana tersebut adalah Adrian Gan, Auguste Soesastro, Bin House, Didi Budiardjo, Didiet Maulana, Eddy Betty, Edward Hutabarat, Ghea Fashion Studio, Heaven Tanudiredja, Hian Tjen, Mel Ahyar, Priyo Oktaviano, Rinaldy A. Yunardi, Sebastian Gunawan, Sejauh Mata Memandang, dan Tex Saverio. 

Virtual fashion show ini diselingi dengan penampilan karya mode dan pertunjukkan khusus dari Afhan, Hindia, Rossa, dan Sara Fajira untuk memeriahkan Perayaan Ulang Tahun Indonesia ke-75. NUFF 2020 tidak hanya menampilkan panggung mode virtual saja, tetapi juga Virtual Charity Auction yang bisa diakses lewat situs NUFF 2020, yang berlangsung selama dari 16-31 Agustus 2020. 

NUFF 2020 merupakan peragaan mode virtual yang menampilkan ragam produk mode buatan Indonesia, mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris, fabrik, kerajinan tangan, dan riasan, sekaligus menjadi wadah kolaborasi virtual pegiat mode, musisi, dan pekerja seni untuk memanifestasi ragam kreativitas dan talenta anak bangsa. 

“Salah satu tantangan dalam menghadirkan panggung mode virtual adalah bagaimana menghadirkan ambience dan juga detail pengalaman menyaksikan produk mode dari layar kaca. Kami menggabungkan karya presentasi mode digital yang memperlihatkan detail dari rancangan, bahan dan identitas dari setiap karya, dipadukan dengan rangkaian acara yang ditayangkan secara live stream,” ujar Jay Subyakto, Art Director dan Kurator NUFF 2020.

Hadirkan Ruang Buat UMKM Mode

Selain itu, NUFF 2020 juga menghadirkan ruang bagi para UMKM mode untuk berinteraksi dengan konsumen lewat kolaborasinya dengan Tokopedia dan Bukalapak sebagai official e-commerce partner. 

Menurut Didiet Maulana, Kurator UMKM NUFF 2020, panggung mode virtual ini merupakan panggung presentasi mode yang menghadirkan kolaborasi antara UMKM mode, brand, label fashion, serta perancang busana. Panggung ini juga digelar dengan tujuan untuk memperkenalkan kualitas UMKM mode Indonesia serta mengajak masyarakat untuk mendukung program pemerintah, #BanggaBuatanIndonesia. 

"Virtual Fashion Show NUFF 2020 merupakan panggung presentasi mode yang menghadirkan kolaborasi antara UMKM mode, brand dan label fashion, serta perancang busana. Ragam dari industri mode nasional diperlihatkan, mulai dari perancang maestro yang menghadirkan karya couture, brand dan label fashion dengan karya streetwear lokal, kearifan busana lokal serta karya UMKM mode. Sehingga dapat memperkenalkan kualitas dari UMKM mode Indonesia dan juga mengajak masyarakat untuk menyemarakkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia," jelasnya. 

Bukan cuma itu saja, NUFF 2020 juga menunjukkan kepeduliannya terhadap para UMKM yang terdampak pandemi Corona. Untuk itu, Virtual Charity Auction menghadirkan 10 karya exclusive kolaborasi dari Sepatu Compass x Sejauh Mata Memandang, Darbotz x Bluesville, NIION x Rama Dauhan, HitHat x Stereoflow, Voyej x Dibba, Elhaus x Agugn, Didi Budiardjo x DGTMB, Aesthetic Pleasure x Olderplus, dan TANGAN x Abenk Alter dan Rinaldy A Yunardi x Museum of Toys featuring Putu Arya. 

Seluruh produk ini akan dilelang secara virtual lewat situs NUFF 2020, selama 16-31 Agustus 2020. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading