Sukses

Fashion

Koleksi Busana Lebaran dari Ivan Gunrawan Hadirkan Harapan, Cinta, dan Kebahagiaan di Masa Pandemi

Fimela.com, Jakarta Sebagai seorang desainer, Ivan Gunawan juga merasakan dampak pandemi COVID-19 pada bisnis dan proses kreatifnya dalam menggarap koleksi baru. Bahkan, ia sempat kehilangan semangat untuk mewujudkan ide kreatifnya karena terbatasnyan semua aktivitas. Meski demikian, Ivan Gunawan merasa harus menghadirkan sebuah gebrakan baru untuk menggairahkan kembali industri fashion di Indonesia.

Jelang bulan Ramadan dan hari raya Lebaran, Ivan Gunawan merilis koleksi baru untuk lini Mandjha Hijab dan Khalif Men's Wear by Ivan Gunawan yang bertajuk Hope, Love, Happiness.

"Hope adalah harapan saya, harapan untuk semakin terang. Hidup pun juga harus berdasarkan cinta. Happiness, kehidupan harus bisa berdamai dengan diri kita sendiri," ungkap Ivan Gunawan.

Dipresentasikan secara virtual, Ivan Gunawan memamerkan 42 koleksi busana dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari fashion show yang dilakukan di luar ruangan, model yang tidak berganti pakaian, menggunakan masker, hingga crew yang menggunakan sarung tangan selama penggarapan fashion show virtual ini.

 

Hadir dalam 42 koleksi

42 koleksi ini dipersembahkan dalam tiga babak. Menampilkan berbagai motif yang diaplikasikan pada tren warna 2021. Dimulai dengan warna lilac, touch of blue, dan earth colour pada sequence terakhir dengan hijau tua dan merah marun.

Ragam warna yang dipilih Ivan Gunawan bukan tanpa pertimbangan. Menurutnya, di masa yang membuat suasana hati terasa sesak, dibutuhkan warna yang lebih tone down. Sehingga lebih nyaman juga untuk dilihat di mata dan lebih mudah untuk dipadukan.

Dalam koleksi kali ini, Ivan Gunawan ingin mengajarkan perempuan untuk bisa memadupadakan busana untuk tampilan yang berbeda. Sehingga Ivan Gunawan bermain dengan siluet seperti palazo, blouse, celana, serta outer.

"Pandemi saat ini, Lebaran tidak heboh. Ada yang merayakan di rumah. Bahan dasarnya tidak panas, tidak mudah kusut. Bajunya tidak mudah kusut karena pastinya kita jadi lebih narsis. Lebih buat foto OOTD saja," ungkap Ivan Gunawan.

 

Detail busana

Jika dilihat lebih jeli, Mandjha Hijab bermain dengan bentuk lengan bervolume, lengan rimpel, pita besar di bagian dada, dan kerah berkelepak lebar. Bahkan, Ivan Gunawan membuat kerah yang terpisah dari bajunya. Tujuannya agar kerah tersebut dapat diaplikasikan ke pakaian lainnya untuk memberi kesan tampilan yang berbeda.

Koleksi ini terbilang cukup lengkap untuk busana Lebaran. Ada koleksi untuk syar'i, modest wear, dan hijab dengan berbagai tatanan. Sehingga dapat mewakili kebutuhan perempuan Indonesia yang sudah mencoba maupun yang sudah berhijab.

Melihat adanya kebiasaan orang Indonesia yang menggunakan busana kembaran satu keluarga, Ivan Gunawan juga menggunakan motif serupa untuk lini Khalif Men's Wear by Ivan Gunawan. Ivan Gunawan memasukkan unsur kehidupannya yang menjadi primadona dari setiap koleksi. 

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Loading