Sukses

Fashion

Tips Brand Busana Lokal Raih Untung di Tengah Pandemi COVID-19

Fimela.com, Jakarta Tahun 2020 adalah tahun yang berat bagi para pengusaha. Saat banyak perusahaan retail yang harus gulung tikar akibat pandemi, Chocochips justru berhasil bertahan dan mengembalikan kestabilan perusahaan.

Chocochips Boutique merupakan sebuah brand fashion lokal yang menjual pakaian dengan bergaya feminin sejak 2007. Berkat pengalaman yang dimiliki, mereka berhasil melewati terpaan badai pandemi dengan sangat baik di tahun 2020.

"Bertahan di tengah pandemi bukan hal yang mudah. Selama awal pandemi, sekitar bulan Maret-Mei kami juga merasakan pukulan yang sangat berat. Kami sempat berpikir bahwa bisnis ini sangat kecil peluangnya untuk bisa bertahan namun akhirnya kami bisa bounce back dan usaha kami kembali stabil," ujar Lita Gunawan selaku Founder dari Chocochips Boutique.

Peka dan jeli terhadap perubahan kebiasaan masyarakat dan cepat beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat adalah kunci suksesnya Chocochips Boutique menaklukkan 2020. Rutinitas baru masyarakat yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah pun menjadi sasaran Chocochips Boutique untuk menarik perhatian.

"Pandemi ini adalah titik terendah dalam bisnis kami karena 80% pendapatan didapatkan dari toko kami yang berada di pusat perbelanjaan. Namun kami mencoba beradaptasi dan melihat peluang untuk bisa bangkit lagi. Di saat itu kami melihat terdapat perubahan pola hidup masyarakat selama PSBB. Sebagian besar orang tetap melakukan aktivitas kerja walaupun hal tersebut dilakukan di rumah. Di saat itu kami menjawab kebutuhan mereka dengan meluncurkan produk yang nyaman dipakai namun layak juga dipakai untuk bekerja dari rumah, salah satu contohnya mengikuti online meeting. Lalu kemudian, beberapa bulan setelahnya pelan-pelan masyarakat mulai berani keluar rumah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kami pun melihat lagi adanya kebutuhan yang baru dalam berbusana. Kami pun memutuskan untuk meluncurkan produk modis tapi ramah di kantong," lanjutnya.

2 Lini Baru Chocochips Boutique

Melihat kebiasaan baru masyarakat, Chocochips Boutique meluncurkan 2 lini terbaru yaitu Chocochips DAILY & CHIC by Chocochips Boutique. Chocochips DAILY mengusung baju santai atau loungewear yang bisa digunakan di rumah maupun untuk kegiatan seperti berbelanja atau meeting online dengan rekan sekantor. Kelebihan dari Chocochips DAILY adalah bahannya yang sangat nyaman disertai dengan motif serta model yang menarik.

Sementara itu, pada November 2020 CHIC by Chocochips Boutique diluncurkan dengan menyediakan produk baju modis dengan harga yang terjangkau. Selain menghindari kerugian, ternyata peluncuran dua lini teranyarnya itu juga mampu mengembalikan kestabilan bisnis mereka.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading