Sukses

Fashion

Hilangkan Kerak di Kulit Kepala dengan 5 Bahan Rumahan Ini

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit kepala dan rambut yang sehat adalah impian setiap orang. Baik laki-laki maupun perempuan. Namun, sayangnya impian hanyalah impian. Sering kali orang-orang hanya menginginkan sesuatu tanpa usaha yang maksimal. Termasuk untuk memiliki rambut sehat. Sehingga mendapatkan rambut yang sering bermasalah.

Banyak jenis gangguan kulit kepala yang terjadi. Ketombe adalah salah satunya. Ketombe sendiri disebabkan oleh kulit kepala yang kering, infeksi jamur, diet yang salah, atau penyakit kulit lain yang berhubungan dengan penyebab ketombe. Hal-hal tersebut membuat kulit kepala membentuk serpihan kulit kering berupa kerak dan menjadi ketombe.

Namun jangan khawatir, kerak kepala yang jadi cikal bakal ketombe bisa diatasi dengan bahan-bahan rumahan. Berikut beberapa bahan yang dapat menyelamatkanmu dari kerak kulit kepala penyebab ketombe yang dilansir dari Indiatimes.com.

Baking soda. Nggak cuma buat masak, baking soda bisa kamu gunakan jadi bahan pembasmi kerak kulit kepala. Caranya, basahi rambutmu secara merata, kemudian tuang baking soda ke kulit kepala. Pijat kulit kepala dengan lembut. Bilas hingga bersih tanpa menggunakan sampo. Zat yang terkandung pada baking soda akan melawan pertumbuhan jamur yang terlalu aktif.

Baking soda. (Via: ankenyfamilydentist.com)

Aspirin. Zat asam salisilat pada aspirin membentuk unsur penting dalam sejumlah sampo anti-ketombe. Untuk meruntuhkan kerak kulit kepala penyebab ketombe, hancurkan dua tablet aspirin menjadi bubuk halus, tambahkan sedikit sampo dan cuci rambutmu. Diamkan selama satu atau dua menit, kemudian bilas hingga bersih.

Aspirin dan air. (Via: youtube.com)

Obat kumur. Mungkin kamu kaget kenapa ada deretan obat kumur di jajaran obat penyembuh kerak di kulit kepala. Tapi, ini nyata, lho! Pertama, cuci rambut dengan sampo, kemudian bilas dengan obat kumur berbasis alkohol. Zat anti-jamur akan menghambat pertumbuhan jamur penyebab kulit kepala kering. Jangan lupa untuk mengeringkannya.

Obat kumur. (Via: youtube.com)

Garam. Sifat abrasif garam dapat menjadi sebuah keajaiban bagi kulit. Taburi garam langsung ke kulit kepala, kemudian, pijat dengan gerakan melingkar. Pijatan ini akan membersihkan kulit kepala dengan baik. Jangan lupa bilas dan keringkan.

Garam. (Via: food.com)

Bawang putih. Tahan sedikit bau menyengat dari bawang putih untuk meruntuhkan kulit kepala yang kering. Kamu bisa mencampurkan bawang putih cincang dengan madu, oleskan pada kulit kepala sebelum keramas. Diamkan beberapa menit sebelum kamu membilasnya dengan sampo.

Bawang putih (Via: foodnetwork.sndimg.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading