Sukses

Fashion

Nasi Kuning Riburane, Paling Laris dan Top di Makassar

Fimela.com, Jakarta Hidangan nasi kuning banyak disajikan di beberapa wilayah di Indonesia. Varian nasi khas Indonesia kerap disantap di acara tertentu dan kadang dijadikan sebagai sarapan seperti halnya nasi uduk dan nasi goreng. Rasa dan komposisi nasi kuning cukup beragam.

Selain itu ada restoran atau kedai khusus yang menjual nasi kuning. Contohnya di kota Makassar, yang termasuk populer dan laris adalah Nasi Kuning Riburane., Kedai ini bisa menghabiskan tiga dandang nasi kuning dalam sehari. Seperti dilansir dari Good Indonesian Food, Nasi Kuning Riburane bisa dibilang sebagai vendor nasi kuning tersukses dan terlaris di Makassar.

Nasi Kuning Riburane. foto: Instagram (@fajar369)

Perjalanannya cukup panjang yaitu sejak 1980 dan awalnya berlokasi di lingkungan kantor RRI Makassar. Karena rasanya yang enak, nasi kuning ini pun digemari dan kelezatannya tersiar luas dengan cepat. Seiring dengan semakin membludaknya pelanggan, Nasi Kuning Riburane memindahkan tempat berjualannya ke jalan Riburane. Karena itulah disebut dengan Nasi Kuning Riburane.

Mereka tidak membuka kedai baru, tapi bekerja sama dengan kedai yang sudah eksis dan menempati lapak kecil di bagian depan kedai tersebut. Mulai dibuka sekitar jam lima pagi, waktu tutup kedai ini biasanya tidak menentu. Biasanya stok nasi kuningnya habis sekitar jam 12 siang. Selain itu juga ada beberapa makanan kecil dan kue di tempat ini.

Sejak pagi, antrean pengunjung sudah mengular untuk menunggu giliran menyantap sepiring nasi kuning. Isian nasi kuning ini lebih lengkap dan beda dengan kebanyakan nasi kuning pada umumnya. Ada empal, rendang sapi, paru goreng, telur, dan sayur labu siam.

Komposisi isian yang melimpah ruah memang sebanding dengan harganya yang cukup menguras dompet. Ada dua pilihan porsi di tempat ini, yaitu porsi kecil dan besar dengan harga sekitar Rp 30 ribu sampai Rp 45 ribu. Empal dan rendang sapinya sangat lembut, nikmat, dan begitu menggiurkan.

 

#nasikuningriburane #duadekade96fekonunhas #jalangkote

Sebuah kiriman dibagikan oleh Henky Widjaja (@mangkasara01) pada

Sedangkan nasi kuningnya yang diolah dengan baik dan sangat lembut. Sambal pelengkapnya cukup enak dan sangat pedas. Konon, mantan Presiden SBY juga sangat menyukai Nasi Kuning Riburane. Jadi kalau mampir ke Makassar jangan sampai melewatkan kuliner khas yang sudah kesohor ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading