Sukses

Fashion

4 Cara Agar Tidak Tergoda Belanja Barang Yang Tak Kamu Butuhkan

Seringkali wanita membeli banyak barang yang sebenarnya tak begitu dibutuhkannya. Akhirnya,barang-barang menumpuk di rumah dan sulit dibereskan. Rumah jadi sempit karena penuh dengan barang-barang. Wanita memang gampang tergoda jika waktunya belanja.

Lalu bagaimana caranya agar bisa mengerem kebiasaan belanja berlebihan dan tergoda beli macam-macam?

    Tanya diri sendiri, Apakah kamu akan memakainya sekarang

    Ini adalah cara untuk membatasi diri apakah kamu benar-benar butuh barang yang akan kamu beli  atau tidak. Jika pada saat ini kamu tidak akan memakainya, sebaiknya tak usah dibeli. Terkadang kamu akan mencari alasan agar bisa membeli, tapi coba jujurlah.

    Hati-hati dengan lingkungan toko

    Jangan kira penempatan barang di toko tidak memicu keinginan belanjamu yang tinggi. Terkadang kamar pas ditaruh di pojok jauh agar kamu bisa berjalan-jalan melewati banyak barang yang kemungkinan menarik perhatianmu. Hati-hati, buat skala prioritas barang yang ingin dibeli dan patuh dengan aturan itu.

    Klasifikasi kebutuhan barang

    Barang memiliki klasifikasi, mulai dari yang paling kamu butuhkan, sering butuh, sesekali butuh hingga tak butuh sama sekali. Kategorikan mana-mana saja barang yang masuk ke empat kategori itu dan kamu akan tahu mana barang yang bisa ditunda untuk dibeli dan mana yang utama.

    Jika kamu masih kepikiran ingin beli sampai rumah

    Terkadang jika kamu tidak membelinya, kamu akan menyesal. Tapi tunggu hingga pulang ke rumah dulu sebelum memutuskan membeli. Jika ternyata kamu mudah lupa dengan barang itu, maka tak perlu kembali untuk beli.

Mudah kan? Coba deh terapkan dulu. Mudah kok membiasakan diri untuk tidak beli barang berlebihan, apalagi jika tak diperlukan.

(vem/feb)
What's On Fimela
Loading