Sukses

Fashion

Synchronized, Koleksi Kolaborasi PURANA dan Hakim Satriyo, Hadirkan Konsep Unik

Fimela.com, Jakarta PURANA baru saja meluncurkan koleksi Spring/Summer 2021 bersama Hakim Satriyo. Koleksi kali ini bertajuk Synchronized, dengan menghadirkan nuansa vibran. Koleksi ini memberikan elemen yang seru, mengangkat perca dan fotografi bidikan Hakim Satriyo yang dicetak menjadi motif yang dangkat pada koleksi ini.

Direktur kreatif PURANA, Nonita Respati, mengatakan bahwa ia menangkap adanya peluang baik untuk berkolaborasi dengan seniman fotografi. Terutama setelah kesuksesannya menggabungkan desain busana dengan karya seni fotografi dengan perupa Agan Harahap pada mini collection yang diluncurkannya 2020 lalu.

“Saya dan Hakim sudah lama bersahabat, juga melakukan pemotretan bersama sejak 2016. Jadi tercetuslah ide untuk kerja sama kali ini,” kata Nonita. Ide untuk koleksi kali ini muncul dari berkarung-karung kain perca yang ada di workshop PURANA. Awalnya Nonita terpikir menjadikan potongan kain itu motif kain yang baru. Tetapi tentunya cara itu tidak akan menghasilkan cukup banyak kain untuk dijadikan sebuah koleksi utuh. Nonita memberikan ide kepada Hakim untuk merangkai kain-kain tersebut menjadi sebuah komposisi untuk difoto, dan hasilnya dipakai sebagai motif kain.

“Namun, saya mengembangkan lagi ide tersebut dengan mengolah kain-kain itu lebih jauh lagi. Misalnya dengan membekukannya di lemari es, menyiramnya dengan minyak, menggoreng, merebus, bahkan menyobek,” imbuh Hakim.

 

Elemen detail yang menambah keunikan

Jepitan jemuran yang pada saat pemotretan digunakan untuk menyambung kain pun akhirnya tak malu-malu ditampilkan sebagai bagian dari fotografi. Hakim yang menyuarakan kebebasan karya seni dalam fashion yang biasanya tampil rapi, serba tertata dan glamor. “Keisengan Hakim justru menjadi bagian favorit saya,” imbuh Nonita. Kain yang sudah diolah itulah yang lantas difoto dan hasilnya dijadikan motif yang disusun dalam bentuk panel motif.

Sebagai fotografer, selama ini Hakim dikenal dengan karya-karya portraiture dan fashion, dan kegemarannya adalah nuansa hitam putih. Tetapi Nonita memberinya sebuah tantangan. “Saya meminta Hakim supaya mempertahankan aura PURANA yang fun dan colorful. Lively, hidup, dan ia merespon dengan di luar dugaan” kata Nonita. Hasilnya adalah serangkaian koleksi yang sangat relevan dikenakan di masa sekarang. Keahlian PURANA mengolah wearable outerwear konsisten muncul di item-item seperti kimono dress, summer coat dress, yang tentunya multi gaya untuk bisa menjadi outer maupun gaun.

Wrap dress yang sangat santai namun detailnya sangat rapi dan modern dengan permainan panel dan piping dipadukan dengan kain tekstur bergaris, ataupun shirt dress/ top multifungsi berpadu bahan denim, menjadi pilihan bagi mereka yang menginginkan kehadiran motif yang lebih subtle dan kalem. “Setiap personality memiliki opsi favorit masing-masing di koleksi PURANA Spring Summer 2021 kali ini,” ujar Nonita. Serangkaian leisure wear yang sangat fashionable baik untuk dikenakan di rumah, maupun menghadiri sebuah acara yang lebih formal. Sebut saja atasan off-shoulder yang terlihat semakin stylish dengan paduan ikat pinggang, jumpsuit khas PURANA yang nyaman namun tetap bergaya untuk pesta kebun atau pantai.

Karena sangat relevan dengan masa sekarang, banyak items bahkan sudah dipesan melalui preview items ditampilkan di media sosial PURANA. Banyak items sudah harus diproduksi ulang karena animonya sangat tinggi. “Memang pada akhirnya kita harus realistis. Sebenarnya saya juga kangen berkreasi dengan detail dan potongan yang lebih rumit dan baju-baju yang lebih formal. Tapi pengalaman masa awal pandemi mengajarkan kami untuk lebih berfokus pada apa yang dibutuhkan, gaya seperti apa yang menjual dan demand-nya tinggi, namun sekaligus keluar dari tren pajama look yang sudah terlalu marak,” lanjut Nonita.

Mengangkat pamor leisure wear

Pamor leisure wear memang belum pudar, terlebih setelah melihat prediksi tren global yang mengindikasikan bahwa jenis pakaian ini masih akan bertahan selama beberapa musim ke depan. Koleksi PURANA Spring/ Summer 2021 ini seolah berujar, “Mari bersiap untuk kembali ke aktivitas normal.

”Rentang harga koleksi kali ini berada pada Rp 999.000 – Rp 1.499.000, untuk berbagai item busana yang menggunakan bahan utama campuran viscose rayon dengan katun yang berserat 100% alami sehingga ramah lingkungan, dan sangat nyaman dikenakan untuk berbagai acara karena teksturnya yang lembut dan flowy.

Nonita menyatakan sangat terbantu oleh produsen serat alami Asia Pacific Rayon (APR) yang menghubungkannya dengan produsen tekstil yang dapat diandalkan. Sourcing untuk koleksi ini juga difasilitasi oleh Jakarta Fashion Hub (JFH) yang menjadi one-stop destination PURANA dalam pemilihan jenis viscose rayon dan metode printing yang diinginkan, juga sebagai venue PURANA memperkenalkan koleksi terbaru ini melalui acara virtual fashion show. “Keberadaan APR dan JFH sebagai mediator antara label dengan pabrik-pabrik besar, memudahkan fashion designer Indonesia yang memproduksi busana affordable luxury dalam kuantitas yang tidak terlalu banyak, dengan harga yang lebih bersahabat,” tutup Nonita.

#Elevate women

What's On Fimela
Loading