Sukses

Fashion

Amankah Menggunakan Sport Bra Sepanjang Hari? Ini Kata Ahli

Fimela.com, Jakarta Kehadiran sport bra tentu tidak asing lagi untuk para perempuan masa kini sebab semakin sadar akan pentingnya olahraga. Bahkan, tidak jarang banyak orang yang kemudian menjadi ketagihan mengenakannya. Namun sebenarnya apa yang membuat sport bra begitu populer?

Sport bra dirancang khusus agar tidak bergoyang, sehingga akan memberikan kenyamanan yang lebih saat kita beraktivitas sehari-hari baik itu bersepeda, aerobik, maupun berlari.

Perlu diketahui, gerakan dari aktivitas olahraga dapat membuat gerakan pula pada bagian payudara. Gerakan ini nantinya akan merusak ligamen pada kelenjar payudara. Selain itu, gerakan ini secara perlahan bisa mengurangi elastisitas payudara itu sendiri, sehingga membuatnya menjadi kendur. 

“Payudara kita terdiri dari ligamen dan jaringan. Seiring berjalannya waktu, gerakan naik turun itu berkontribusi pada peregangan di area itu. Kebanyakan wanita tidak ingin payudara kendur,bukan hanya karena alasan estetika, tapi juga alasan kenyamanan. Gerakan-gerakan itu juga bisa membuat payudara menjadi nyeri "pungkas Jené Luciani Sena, ahli bra dan penulis The Bra Book kepada Real Simple.

Maka tidak heran bila banyak perempuan yang lebih memilih mengenakan sport bra untuk kegiatan sehari-hari. Sport bra disinyalir dapat menopang payudaramu dengan baik, supaya tetap kencang dan fit.

Dapat membuat kulit terhindar dari peregangan

Selain itu, menurut John Paul Tutela, MD, seorang ahli bedah plastik bersertifikat mengungkapkan bahwa memakai bra atau sport bra dapat membuat kulit terhindar dari peregangan atau strech mark.

Lantas amankah mengenakan sport bra setiap hari?

Meski terdapat banyak manfaat menggunakan sport bra, tetapi jika digunakan sepanjang hari tentu berbahaya untuk kesehatan. Karena umumnya sport bra didesain terlalu ketat, ini bisa menyebabkan melemahnya otot punggung, nyeri bahu, hingga bisa merusak postur tubuhmu.

Luciani Sena mengungkapkan, penggunaan sport bra yang terlalu ketat atau menyempit sepanjang hari dapat menekan sistem limfatik. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa tekanan ekstra ini bahkan bisa menyebabkan kanker.

Tak cukup sampai disitu, Dr. Tutela mengatakan mengenakan sport bra sepanjang hari justru menyebabkan masalah kulit.“Pakaian kompresi yang lebih ketat dan tidak dilepas dapat menyebabkan iritasi seperti ruam, dan bahkan infeksi jamur,” kata Tutela.

Oleh sebab itu, sport bra harus segera dilepas setelah kamu berolahraga dan diganti dengan bra yang lebih longgar. Luciani Sena menyarankan agar beralih ke bra nirkabel lembut atau bralette yang lebih ideal untuk digunakan sehari-hari. "Seperti bra lounge yang jauh lebih nyaman dikenakan sehari-hari." kata dia.

Penulis: Hilda Irach

#Elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading