Sukses

Fashion

Ikuti 4 Langkah Mencuci Celana Jeans Ini agar Awet dan Bebas Pudar

Fimela.com, Jakarta Celana jeans adalah salah satu jenis celana yang disukai dan pastinya dimiliki oleh semua kalangan karena modelnya yang sederhana dan cocok digunakan untuk semua kesempatan. Maka dari itu, perlu adanya perawatan yang tepat agar celana jeans yang kamu miliki bisa bertahan lama. 

Sama dengan jenis kain lainnya, merawat dan mencuci jeans juga memiliki cara tersendiri. Kamu harus tahu cara khusus dalam mencuci jeans agar celana jeans-mu lebih awet dan warnanya tidak mudah pudar. 

Celana jeans yang memiliki kualitas baik biasanya dapat bertahan lama untuk bisa dipakai. Selain itu, semakin tua atau semakin lama dipakai, celana yang terbuat dari bahan denim ini justru akan terasa semakin nyaman. 

Namun, karena celana jeans ini termasuk celana sehari-hari yang paling sering digunakan, jadi celana ini sangat rentan kotor. Yang membuat dilema, semakin sering celana jeans dicuci, semakin cepat warna dari celana tersebut pudar. 

Mencuci celana jeans juga bukan hal yang mudah karena bahannya yang sangat berat ketika dalam kondisi basah, sehingga sangat melelahkan jika dicuci menggunakan tangan. Tetapi di sisi lain, celana jeans juga sebetulnya tidak boleh dicuci terlalu sering menggunakan mesin cuci karena dapat merusak kain dari celana jeans itu sendiri. 

Dilansir dari USA Today dan Housewife How-To’s, berikut 4 langkah dalam mencuci celana jeans agar tidak cepat luntur dan tetap awet.

1. Rendam jeans dalam air cuka

Rendam jeans-mu dalam campuran air dingin dan cuka sebagai langkah awal dalam mencuci celana jeans. Hal ini dilakukan untuk menjaga warna jeans agar tidak memudar selama dicuci. 

Jangan gunakan deterjen, karena deterjen tidak cocok dengan jeans, dan malah membuat warna jeans cepat luntur dan pudar. 

Untuk melakukan ini, isi bak mandi dengan air dingin, dan campurkan dengan 1 cangkir cuka putih serta 2 sendok makan garam meja. Setelah itu, rendam jeans-mu selama 1 jam. 

2. Cuci dengan air dingin

Air, baik hangat maupun panas, tidak hanya memudarkan warna jeans-mu, tetapi juga menyebabkan penyusutan. Maka dari itu, setelah kamu rendam celana itu di dalam campuran air cuka, bilas celana itu menggunakan air dingin. 

Perlu diingat, kamu tidak perlu mencuci celana jeans setiap habis dipakai. Jeans bisa dipakai 4-5 kali setelah dicuci.

3. Jemur jeans di luar ruangan

Setelah selesai dibilas, jangan mengeringkan celana jeans menggunakan pengering pakaian atau dryer. Sama halnya dengan penggunaan air panas ketika mencuci, suhu panas yang tinggi akan membuat jeans-mu menyusut. 

Gantung celana jeans di luar ruangan, tetapi jangan sampai terkena sinar matahari langsung. Ketika celana jeans itu terkena sinar matahari langsung, maka besar kemungkinan warna jeans-mu akan lebih cepat pudar karena terkena suhu panas secara langsung. 

4. Setrika dengan metode yang benar

Jika jeans sudah kering, kita juga harus memerhatikan cara menyetrika jeans agar bisa tetap awet. Jika jeans sangat kusut, lebih baik menyetrikanya dalam keadaan terbalik. Mulai dari bagian kantong, pinggang, dilanjutkan pada bagian kaki. 

Setelah itu, simpan celana jeans-mu dengan cara digantung menggunakan hanger khusus celana, agar menghindari lipatan-lipatan di celana yang justru membuat bagian lipatan cepat pudar. 

Itu dia keempat langkah dalam mencuci jeans agar bisa tetap awet dan tidak mudah pudar. Selamat mencoba, ya!

 

*Penulis: Chrisstella Efivania.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading