Sukses

Fashion

Adidas Dikecam Warganet Indonesia usai Klaim Wayang Kulit dari Malaysia

Fimela.com, Jakarta Adidas menuai kecaman dari warganet Indonesia usai merilis produk sepatu teranyar mereka bertema Wayang Kulit dan mengklaim warisan budaya itu berasal dari Malaysia.

Produk sepatu edisi khusus yang masuk ke dalam koleksi Citypack ini diumumkan melalui akun Instagram Adidas Singapura, Rabu (10/11/2021), lalu rilis satu hari setelahnya. 

Sepatu bertema Wayang Kulit itu merupakan rancangan Jaemy Choong, desainer Malaysia. Dalam keterangan video, Adidas pun menyebut sepatu tersebut berasal dari Malaysia.

“Desainnya berbicara tentang penghormatan kepada Wayang Kulit, bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan unsur-unsur Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan “lama-bertemu-baru” pada DNA UltraBOOST,” tulis @adidassg kala itu.

Hal ini lantas membuat sejumlah warganet Indonesia murka. Sebagaimana dilansir dari lama UNESCO, pertunjukan wayang kulit memang telah diakui sebagai warisan budaya tak benda dari Pulau Jawa, Indonesia pada 2003.

Adidas Singapura Minta Maaf

Mengetahui hal tersebut, Adidas Singapura dengan cepat membuat pernyataan resmi dan permintaan maaf di Instastory, Selasa (16/11/2021). Dalam keterangannya, Adidas menyebut hal ini merupakan ketidaksengajaan.

"Terima kasih sudah menghubungi kami. Sementara wayang kulit adalah bagian penting dalam warisan budaya Malaysia, kami seharusnya menyoroti (bahwa Wayang Kulit) asli dari Indonesia dalam unggahan kami," tulis akun itu

"Kami sungguh minta maaf karena ketidaksengajaan (unintentional offence) yang sudah terjadi, dan sekarang kami mengubah unggahan kami."

Selain itu, Adidas Singapura kini juga telah memperbaharui keterangan atau caption dalam video yang diunggah di Instagram tersebut.

"Berasal dari Indonesia, Wayang Kulit telah menginspirasi bagian lain di Asia Tenggara. Desain #Ultra BOOST DNA City Pack memberikan penghormatan untuk bentuk seni dengan menggabungkan elemen Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan "lama bertemu-baru" pada DNA UltraBOOST."

Rangkul 6 Individu Kreatif

Akhir pekan lalu, label sepatu asal Jerman itu meluncurkan CITY PACK, koleksi yang memberikan sentuhan baru pada siluet ikonis UltraBOOST DNA. Untuk koleksi ini, Adidas bekerja sama dengan 6 individu kreatif asal Asia Tenggara, yang setiap desainnya terinspirasi dari identitas khas Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Koleksi ini disebut merupakan cerminan dari keragaman, kekayaan budaya, masyarakat, dan identitas khas wilayah ini. Sementara Jaemy Choong merupakan perwakilan Malaysia, Yeri Afriyani (Calla the Label) jadi wajah desain koleksi dari Indonesia, Greg Guleserian (Egg Fiasco) untuk Filipina, Eman Raharno Jeman (Clogtwo) dari Singapura, Tanit Likitthamarak dari Thailand, dan Le Thanh Tung (Crazy Monkey) dari Vietnam.

 

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Indonesia Absen dari Miss Universe 2021 yang Digelar di Israel
Artikel Selanjutnya
Mulai 1 Desember 2021, Warga Indonesia Diizinkan Masuk ke Arab Saudi