Sukses

Fashion

3 Pemenang Kostum Nasional Miss Grand International 2021

Fimela.com, Jakarta Gelaran Miss Grand International 2021 yang berlangsung pada, Sabtu (4/12/2021) di Bangkok, Thailand, telah mengumumkan pemenang Kostum Nasional Terbaik.  Pada kesempatan ini, Indonesia kalah unggul dengan kostum nasional Malaysia, Peru, dan Angola. Gelaran rangkaian kostum nasional sudah diperagakan para finalis pada Rabu, 29 November 2021.

Malaysia

 Miss Grand Malaysia, Lishalliny Kanaran, menjelaskan kostum nasional yang diboyongnya ke kontes kecantikan tersebut.  Bertajuk "The 7 Ancient Princesses of Ulek Mayang," kostum ini terinspirasi dari Ulek Mayang, pertunjukan lagu dan tarian daerah kuno asal Terengganu.

Ini diyakini sebagai "ritual penyembuhan bagi nelayan yang jatuh sakit di laut dan disebabkan roh laut. Keadaan ini hanya dapat disembuhkan dengan memanggil roh laut dan mengirim mereka kembali ke kedalaman air yang gelap."

"Lagu dan pertunjukan tersebut menceritakan kisah seorang putri laut yang jatuh cinta dengan seorang nelayan saat ia berada di laut. Sang putri mencuri jiwa nelayan, menyebabkannya jatuh ke dalam keadaan setengah sadar. Setelah mereka kembali ke darat, teman-teman nelayan meminta dukun (bomoh) untuk memulihkannnya," urainya.

"Selama ritual penyembuhan, bomoh memanggil arwah putri laut menggunakan mayang (bunga kelapa), kemenyan, dan sesajen beras berwarna, memanggil lima saudara perempuannya untuk membantu merebut objek keinginannya. Terjadi tarik ulur antara bomoh dan enam putri demi jiwa para nelayan," imbuh Kanaran.

"Akhirnya, putri ke-7 dan tertua tiba dan mengirim saudara perempuannya kembali ke laut dengan kata-kata ini, 'Saya tahu asal-usulmu, biarkan yang dari laut kembali ke laut, biarkan yang dari darat kembali ke darat.' Ia dengan demikian melepaskan jiwa nelayan dan memulihkan kesehatannya," tandas perwakilan Malaysia di Miss Grand International 2021 tersebut.

Peru

Miss Grand Peru Samantha Batallanos Cortegana, dalam unggahan di Instagram-nya, menyebut bahwa kostum nasional yang dipergarakannya terinspirasi dari burung Paucar. Itu merupakan karya desainer bernama Beto Pinedo.

"Terima kasih @betopinedooficial untuk bakat luar biasa Anda yang telah membuat kita bisa membagikan (keindahan kostum nasional pada) lebih banyak orang di dunia," tulisnya sebagai keterangan foto.

Angola

 Miss Grand Angola Marcia Menezes menjelaskan bahwa kostum nasional itu terinspirasi dari Ratu Ndongo "Njinga Mbandi." "Seorang pejuang, wanita pemberani yang merupakan pemimpin tentara," tulisnya.

Selain mahkota kemenangan, ada pula gelar lain yang akan diperebutkan. Tidak hanya Best National Costume, ada juga Best in Swimsuit, Best in Evening Gown, Best Social Media, dan Miss Popular Vote Award, menurut situs kontes kecantikan itu.  

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading