Sukses

Fashion

Gandeng Danone Aqua, H&M Rilis Koleksi Pakaian Anak dari Sampah Botol Plastik

Fimela.com, Jakarta Persoalan sampah plastik masih menjadi momok bagi lingkungan dan masyarakat Indonesia. Sebab, data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa jumlah sampah plastik di Indonesia telah mencapai level yang mengkhawatirkan.

BPS mencatat sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun. Sebanyak 3,2 ton merupakan sampah plastik yang terbuang ke laut. Jumlah inilah yang menempatkan Indonesia di urutan kedua sebagai negara dengan jumlah pencemaran sampah plastik ke laut terbesar di dunia setelah China.

Isu ini kemudian menyadarkan banyak pihak. Dari kalangan industri, berbagai program dan gerakan untuk menghasilkan produk ramah lingkungan kian digaungkan. Salah satunya H&M.

Bekerja sama dengan Danone Aqua, H&M telah merilis koleksi pakaian anak dari sampah botol plastik bernama Bottle2Fashion. Program ini juga merupakan bagian dari kampanye Danone Aqua yaitu #Bijakberplastik.

 

Upaya Melawan Pencemaran Laut

Communications Manager & Sustainability H&M Indonesia, Karina Soegarda mengatakan program ini mengatakan kolaborasi ini dilakukan untuk mendukung inisiatif pemerintah Indonesia melawan pencemaran laut serta menciptakan lapangan kerja lokal.

Inisiatif ini dilakukan dengan cara mengumpulkan botol PET (botol plastik sekali pakai), menyortir, merobeknya menjadi serpihan dan kemudian membuatnya menjadi serat polyester daur ulang.

“Proyek Bottle2fashion merupakan langkah maju untuk pendekatan yang lebih sirkular dan kolaboratif di H&M. ini merupakan upaya kami membantu menjaga pantai dan lautan tetap bersih,” ujar Karina dalam jump apers virtual, Selasa (18/1/2022).

Proses Daur Ulang Sampah Botol Plastik

Bottle2fashion ini merupakan upaya Danone-AQUA dan H&M Indonesia untuk memperkenalkan sekaligus mengedukasi soal proses produksi yang sirkular dengan memanfaatkan botol plastik sebagai bahan baku yang berkelanjutan dan memperpanjang gunanya menjadi produk pakaian.

Proses pembuatan pakaian dari daur ulang botol plastik ini sendiri berawal dari pengumpulan botol yang dibawa ke Recycling Business Unit (RBU) di bawah Danone AQUA yang berada di Tangerang Selatan untuk dipilah, dicacah, dan dibersihkan.

Hasil cacahan plastik ini kemudian dikirim ke fasilitas produksi H&M Indonesia untuk diproses menjadi serat polyester dan diubah menjadi beragam produk fashion, termasuk koleksi pakaian anak terbaru dari H&M ini.

Dari inisiatif ini, pada tahun 2021, Bottle2fashion mengumpulkan dan mendaur ulang lebih dari 7,5 juta botol PET, lebih dari dua kali lipat dari tahun lalu yaitu sekitar 3,5 juta botol.

Koleksi Basic Wear untuk Anak

Regional Sustainability Manager H&M Group Production Office H&M Indonesia, Anya Sapphira mengatakan, koleksi pakaian anak ini sendiri terdiri dari basic wear berupa hoodie, atasan lengan panjang, celana training. Koleksi ini dikhususkan untuk anak usia 1,5 hingga 10 tahun.

Lebih lanjut, Anya mengatakan koleksi ini terdiri dari 60-80 persen katun organic yang dicampurkan dengan polyester. Jumlah katun lebih besar agar pakaian tersebut tetap memberikan rasa hangat dan kenyamanan di kulit.

Koleksi bertema Star Wars ini hadir dengan berbagai pilihan warna, mulai dari monokrom hingga pastel.

Koleksi Bottle2fashion ini sudah tersedia di berbagai toko di seluruh dunia sejak Desember 2021 dan dijual secara online mulai Januari 2022. Sementara di Indonesia, koleksi ini sudah hadir sejak 24 Desember 2021. Untuk sahabat Fimela yang berminat bisa mengunjungi toko offline H&M terdekat ataupun secara online.

 

#Women for Women

What's On Fimela
Loading