Sukses

Fashion

Kim Kardashian Tuai Kecaman dari Sang Desainer usai Pakai Gaun Marilyn Monroe ke Met Gala 2022

Fimela.com, Jakarta Perhelatan Met Gala 2022 sudah berlalu. Meski demikian, hujatan dan kritikan akan penampilan Kim Kardashian dengan gaun Marilyn Monroe di ajang mode terakbar itu nyatanya belum tuntas jadi perbincangan.

Kali ini giliran Bob Mackie, desainer sekaligus asisten desainer sang perancang asli, Jean Louis. Dalam sebuah wawancara baru, desainer berusia 82 tahun itu diminta untuk memberikan pendapatnya tentang Kim Kardashian yang mengenakan gaun rancangannya.

Dia mengaku geram saat melihat bintang reality show itu mengenakan kembali gaun kolom kasa berlapis kristal ke Met Gala 2022. “Aku pikir itu kesalahan besar,” kata Mackie kepada Entertainment Weekly, Senin (16/5/2022).

Menurutnya, tidak ada seorang pun yang boleh menggunakan gaun ikonis Marilyn Monroe. Sebab gaun tersebut memang dirancang untuknya.

“Marilyn adalah seorang dewi sejati, dia sangat memukau. Tidak ada yang bisa seperti dia dan gaun itu memang dibuat untuknya. Semestinya tidak ada orang lain yang boleh mengenakan gaun itu,” lanjut Mackie.

 

Gaun Marilyn Monroe Paling Bersejarah

Mackie merupakan desainer yang menggambar sketsa gaun Monroe untuk dibuatkan oleh Jean Louis. Gaun itu dirancang khusus untuk Monroe pakai di acara perayaan ulang tahun presiden ke-35 Amerika Serikat, John F Kennedy pada 19 Mei 1962. Oleh karena itu, gaun ikonis tersebut diberi nama ‘Happy Birthday Mr. President’.

Gaun itu menemani penampilan Monroe saat menyanyikan lagu ‘Happy Birthday’ untuk Kennedy yang berulang tahun ke-45. Namun kurang dari tiga bulan setelahnya, Monroe ditemukan tewas. Kini, gaun itu menjadi memorabilia yang sangat bersejarah.

Gaun yang sudah berusia 60 tahun ini kemudian dipinjam Kim Kardashian dari Museum ‘Believe it or Not’ di Orlando, AS. Museum membeli gaun itu senilai US$5 juta atau sekitar Rp70 Miliar dalam sebuah pelelangan pada 2016.

Demi bisa muat dengan badannya, Kim Kardashian mengaku harus menurunkan berat badan. Diketahui, dia berhasil menurunkan berat badan 7 kg selama diet 3 minggu agar bisa memakainya.

 

Tuai Kritikan dari Sejarawan

Mackie bukan satu-satunya orang yang mengkritisi tindakan Kim Kardashian yang mengenakan gaun Monroe. Sebelumnya, seorang sejarawan bernama Dr. Justine De Young juga mengecam keputusan Kim Kardashian dan menyebutnya sebagai wujud ketidakhormatan atas integritas gaun dan bersejarah yang tak ternilai harganya.

Menurut Justine, Kim Kardashian seharusnya bisa memesan gaun replika yang sangat mirip dengan aslinya. Alih-alih mengenakan gaun aslinya yang berisiko mengalami kerusakan.

“Dia bisa, dan memang, memesan replika yang sangat mirip dengan aslinya. Gaun ikonis yang merupakan bagian dari sejarah Amerika tak seharusnya mendapat risiko kerusakan hanya untuk membesarkan ego dan untuk foto-foto,” kata dia, dikutip dari PEOPLE.

Kim Kardashian diketahui hanya mengenakan gaun Marilyn Monroe selama beberapa menit untuk berfoto di tangga Met Gala. Kekasih Pete Davidson itu lalu bersalin dengan gaun yang mirip.

 

 

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading