Sukses

Fashion

Perlukah Pakaian Baru Dicuci Sebelum Dipakai? Ini Kata Ahli

Fimela.com, Jakarta Saat membeli pakaian baru, apakah kamu tim yang langsung memakai setelah membelinya? Atau kamu tim yang mewajibkan untuk mencuci pakaian tersebut sebelum dipakai atau dikenakan? 

Bagi beberapa orang mungkin akan langsung memakai pakaian baru yang ia beli tanpa mencucinya terlebih dulu. Tapi bagi beberapa orang lain akan selalu mencuci dulu setiap pakaian baru yang ia beli sebelum dipakai. Lantas, manakah yang lebih tepat dan dianjurkan? Mencuci pakaian baru sebelum dipakai atau langsung memakainya tanpa mencuci terlebih dulu?

Pahami Kondisi Kesehatan Kulit

Sebelum memakai pakaian baru, pastikan untuk memahami dulu kondisi kulit kamu. Orang-orang dengan kulit sensitif sebaiknya mencuci pakaian baru yang ia beli sebelum menggunakan pakaian tersebut. Ini untuk meminimalisir terjadinya alergi akibat banyaknya debu atau kotoran juga bekas sentuhan tangan orang lain yang melihat baju tersebut saat berada di toko. 

Namun bagi kamu yang tidak memiliki masalah kulit, melansir dari laman mindandbocygreen.com, kamu bisa langsung memakai baju ini tanpa harus mencucinya terlebih dahulu. Dengan catatan, kondisi baju bersih dan terawat dengan baik meski berada di toko dalam waktu yang lama.

Risiko Dermatitis dari Pakaian Baru

Baju baru besar kemungkinan mengandung zat pewarna atau pengawet kain agar tampak awet dan lebih berkualitas. Zat-zat inilah yang meningkatkan risiko dermatitis pada kulit sensitif. Dermatitis ditandai dengan kulit kering, bercak merah dan gatal-gatal. Kulit yang mengalami dermatitis bahkan terasa seperti terbakar dan gatal yang sulit diobati. 

Agar terhindar dari risiko dermatitis ini, usahakan untuk mencuci pakaian baru terlebih dahulu sebelum dipakai. Sebaiknya cuci pakaian baru dengan sabun yang tidak mengandung pewangi atau zat yang bisa meningkatkan risiko alergi. Jika mengalami dermatitis karena pakaian baru atau pun lainnya, usahakan untuk memeriksakan kondisi kesehatan kulitmu ke dokter atau ke fasilitas kesehatan terdekat. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading